Share

Kronologi Kasus Dugaan Penistaan Agama yang Menyeret Mantan Pengacara Bharada E

Ravie Wardani, MNC Portal · Sabtu 03 September 2022 01:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 02 33 2659921 kronologi-kasus-dugaan-penistaan-agama-yang-menyeret-mantan-pengacara-bharada-e-0WxPhxBPkS.jpg Deolipa Yumara dilaporkan (Foto: MPI)

JAKARTA - Mantan kuasa hukum Bharada E, Deolipa Yumara, resmi dilaporkan atas kasus dugaan penistaan agama ke Polres Metoi Jakarta Selatan, Jumat (2/9/2022).

Adapun laporan polisi ini dilayangkan oleh seorang YouTuber bernama Yonatan Nandar.

"Sore hari ini saya resmi melaporkan Deolipa Yumara atas dugaan penyalahgunaan, penodaan agama, ujaran kebencian yang bermuatan SARA sebagaimana diatur dalam Pasal 156 A KUHP jo Pasal 28 ayat 2 jo Pasal 45 ayat 2 UU nomor 19 tahun 2016 tentang UU ITE," jelas Yonatan Nandar, Jumat (2/9/2022).

Deolipa Yumara dilaporkan

Selaku pelapor, Yonatan menjelaskan alasannya melayangkan laporan tersebut terhadap pengacara kontroversial ini.

"Saya tidak membela siapapun dalam hal ini. Saya sebagai seorang muslim membela agama saya, karena salah satu saudari (seiman) saya yang bernama Angel Lelga dikatakan dalam sebuah media, dia bilang 'Angel Lelga bertaubatlah, kembali kepada Tuhanmu yang mula-mula, jangan khianati Tuhanmu'," ungkapnya.

Pria yang juga mengaku sebagai seorang pengacara tersebut menyayangkan pernyataan Deolipa beberapa waktu lalu. Pasalnya, dia menilai ucapan itu berpotensi menimbulkan perpecahan antar umat beragama.

"Dalam narasi yang lain bahkan disebutkan nama Tuhannya siapa ya," katanya lagi.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Senada dengan kliennya, M Faisal Yusuf Nasution menilai ucapan Deolipa sangat tidak pantas disampaikan di ruang publik.

"Itu bisa saja dia sampaikan secara pribadi ya, tapi kan ini disampaikan ke ruang publik," ujar kuasa hukum Yonatan Nandar.

Seperti diketahui, laporan polisi yang melibatkan Deolipa Yumara ini buntut dari komentarnya terhadap aktris Angel Lelga.

ย Dia menyarankan agar mantan istri Rhoma Irama ini lekas bertaubat dan kembali ke keyakinan sebelumnya. Laporan kasus dugaan penistaan agama ini juga tertuang dalam nomor LP/2089/ IX/2022/RJS.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini