Share

Alasan John Paul Ivan Enggan Ganti Nama setelah Jadi Mualaf

Siska Maria Eviline, Okezone · Kamis 18 Agustus 2022 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 33 2650124 alasan-john-paul-ivan-enggan-ganti-nama-setelah-jadi-mualaf-2sMG9KE6Gi.jpg John Paul Ivan ungkap alasan enggan ganti nama setelah jadi mualaf. (Foto: Instagram/@i_am_john_paul_ivan)

JAKARTA - Gitaris John Paul Ivan punya jawaban yang cukup bijak ketika ditanya kemungkinan untuk mengubah namanya menjadi lebih Islami setelah memutuskan menjadi mualaf, pada 2006. 

Dia menegaskan, inti menjadi seorang muslim tak terletak pada nama. “Enggak perlu lah (ganti nama). Bagi saya yang paling penting itu bagaimana hati dan pikiran saya menjadi Islam,” tuturnya dikutip dari talkshow Inspirasi Jalanan yang dirilis salah satu TV swasta. 

John Paul Ivan mualaf. (Foto: Instagram/@i_am_john_paul_ivan)

John Paul Ivan memutuskan pindah agama dari Kristen menjadi Islam setelah merasakan kegelisahan batin pada awal tahun 2000-an. Kondisi itu, membuat sang musisi mempelajari lebih jauh lagi tentang konsep ketuhanan dalam agamanya saat itu. 

Proses belajar sang musisi pada akhirnya membawa dia pada Islam yang bertumpu pada ajaran bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang Esa. Hal itu membuat dia mantap mengucapkan syahadat di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, pada 2006. 

BACA JUGA: Pertanyakan Konsep Ketuhanan, Gitaris John Paul Ivan Mantap Jadi Mualaf

BACA JUGA: Amanda Manopo Punya Pacar, Sang Kakak Beri Bocoran: Satu Iman

Baca Juga: Pos Indonesia Pekenalkan ULBI, Kampus Logistik Pertama di Indonesia

Keputusan pindah agama diakui John Paul Ivan sempat mendapat penolakan dari keluarganya. “Penolakan itu hal lumrah. Saya hanya bisa bilang ke keluarga bahwa keputusan menjadi mualaf adalah pilihan hati saya,” imbuhnya.

 John Paul Ivan mualaf. (Foto: Instagram/@i_am_john_paul_ivan)

Pada akhirnya, sang musisi bisa membuktikan kepada keluarganya bahwa pilihan untuk memeluk agama Islam tak perlu menjadi perdebatan dan dipermasalahkan. “Saya hanya berharap mereka bisa menerima keputusan saya,” imbuhnya.*

BACA JUGA: Jelang Lahiran, Irish Bella Ungkap Perubahan Sikap Sang Putra

BACA JUGA: Jelang Tamat, Rating Extraordinary Attorney Woo Turun Tipis 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini