Share

Intip Debat Panas Anji dan Marcell Siahaan soal Royalti Musik

Arya Ravato Bagasraga, MNC Portal · Selasa 09 Agustus 2022 16:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 09 33 2644796 intip-debat-panas-anji-dan-marcell-siahaan-soal-royalti-musik-KHrYiMqnay.jpg Marcell Siahaan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Musisi Anji dan Marcell Siahaan tampak melakukan perdebatan di media sosial. Mereka berdua membahas soal transparansi royalti musik.

Perdebatan tersebut bermula saat Anji mencurahkan keresahannya kepada Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) tentang bagaimana LMK membagikan uangnya kepada para musisi.

Marcell Siahaan dan Anji

"SUARA UNTUK LMK (Lembaga Manajemen Kolektif). Banyak penyelenggara acara cerita, mereka ditagih untuk membayarkan royalti performing rights. Apalagi sekarang acara-acara konser/festival sedang banyak dibuat. Begitu juga teman-teman yang memiliki kafe/resto/karaoke suka bercerita dan bertanya. Mereka bertanya : Bagaimana cara LMK membagikan uangnya kepada para pencipta?," tulis Anji di instagram pribadinya, Selasa (9/2022).

Anji menjelaskan, baginya aliran dana royalti itu tidak transparan dan terdapat beberapa penyimpangan. Hal itu kemudian menyebabkan sejumlah pihak malas membayar royalti.

"Saya jawab : Tidak detail dan transparan penghitungannya. Bahkan ada uang 'parkir' dari Komposer yang tidak mengambil royaltinya (karena tidak tahu atau tidak mendaftar) sementara LMK tidak membuat pemberitaan tentang itu. Jadi sangat mungkin terjadi penyimpangan aliran uang," lanjut suami dari Wina Natalia.

Marcell Siahaan langsung memberikan respons terkait unggahan Anji. Seperti diketahui pelantun Peri Cintaku adalah ketua umum Prisindo, LMK yang khusus bergerak dalam pengelolaan serta pendistribusian Hak-hak Pelaku Pertunjukan (Performing Rights).

Marcell Siahaan menjelaskan orang-orang yang menggunakan karya orang lain hanya perlu membayar royalti tanpa perlu mengetahui secara detail bagaimana dana tersebut disalurkan.

Keduanya kian memanas saat Marcell Siahaan menyinggung keresahan Anji akan menjadi konten yang akan menguntungkan dirinya.

Merasa tak sepaham dengan komentar Marcell Siahaan, Anji pun membalasnya. Anji mengaku tak sama sekali mendapat keuntungan dari kontennya itu.

"Iya, keresahan lo ini akan menjadi konten lo yang yang sangat menguntungkan, selamat ya!," tulis Marcell.

"@marcellsiahaans - Maksudnya konten apa ni Cell? Kok tendensius sekali kalimatnya?! Dengan postingan ini memangnya gue dapat keuntungan apa? Lo kan pejabat publik, kenapa gak terima masukan seperti ini?," balas Anji.

Marcell Siahaan mengakhiri perdebatannya dengan Anji. Dia merasa mantan vokalis Drive itu menyerang secara pribadi.

Anji juga telah menyatakan bahwa dia tidak menyerang Marcell Siahaan secara pribadi.

"Dalam hal ini, saya tidak pernah menyerang secara personal. Saya juga bukan satu-satunya yang menyuarakan keresahan tentang transparansi lembaga manajemen kolektif nasional," tulis Anji.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini