Share

Gara-Gara Royalti, Anji dan Marcell Siahaan Berdebat di Medsos

Santi Florensia Sitorus, Okezone · Selasa 09 Agustus 2022 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 09 33 2644501 gara-gara-royalti-anji-dan-marcell-siahaan-berdebat-di-medsos-uaIb4Irqb1.jpg Anji. (Foto: Instagram/@duniamanji)

JAKARTA - Musisi Anji dan Marcell Siahaan terlibat perdebatan di media sosial karena persoalan kurang transparannya soal royalti musisi di dunia permusikan Tanah Air.

Bermula ketika mantan kekasih Sheila Marcia itu dengan blakblakan menyinggung kebijakan pendistribusian royalti oleh Lembaga Manajemen Kolektif Nasional atau LMKN.

 Gara-Gara Royalti, Anji dan Marcell Siahaan Berdebat di Medosos. (Foto: Anji/Instagram/@duniamanji).

Gara-Gara Royalti, Anji dan Marcell Siahaan Berdebat di Medosos. (Foto: Anji/Instagram/@duniamanji).

Mengetahui itu, Marcell Siahaan selaku komisaris LMKM tidak terima sehingga dia memberi balasan menohok di media sosial.

 BACA JUGA:Rima Melati Berpulang, Marcell Siahaan Berduka

Anji merasa LMKM kurang transparan terkait hak royalti para musisi di Indonesia. "Dear LMK, saya sejak dulu bersuara tentang royalti untuk melakukan hak. Tapi banyak EO dan cafe/resto curhat. Mereka mau bayar, asal uangnya memang sampai kepada pencipta lagu dengan transparan. Bisakah kalian detail dan transparan dalam laporan?" tulis Anji dalam unggahan, dikutip pada Selasa (9/8/2022).

Suami Wina Natalia itu menduga bahwa LMKM melakukan penyelewengan aliran dana yang diperoleh. "Bahkan ada uang parkir dari komposer yang tidak mengambil royaltinya sementara LMKM tidak membuat pemberitaan tentang itu. Jadi sangat mungkin terjadi penyimpangan aliran uang," sambung Anji.

Dia juga masih meragukan apakah keuntungan itu dibagikan atau tidak. "Karena tidak jelas apakah dibagikan dengan benar atau tidak. Apakah pencipta atau LMK-nya yang dapat uang. Apalagi banyak terjadi organisasi pengumpul dana sosial untuk masyarakat, justru anggota organisasinya yang kaya. Baru saja terjadi, mereka dipenjara," ucap Anji lagi.

Sindiran tegas Anji itu rupanya mendapat respons dari komisaris LMKM, Marcell Siahaan. Penyanyi berdarah Batak ini langsung memberi komentar menohok.

"Oh gitu ya," balas Marcell singkat.

Tak sampai disitu, dia juga menjawab pertanyaan Anji soal aliran dana diberi atau tidak kepada para musisi Tanah Air.

"Kalau ternyata enggak disalurkan dengan benar (dan itu harus dibuktikan, yes?) terus apakah kemudian jadi menghilangkan kewajiban user untuk bayar? Coba ditelaah dulu sebelum lo menyalurkan curhat di ruang publik," tulis pelantun "Firasat" itu.

Perdebatan semakin memanas ketika Marcell Siahaan mengatakan Anji sengaja membahas permasalahan ini ke depan publik demi konten. Tak terima dengan tuduhan, Anji pun balik melontarkan komentar pedas.

"Iya, keresahan lo ini akan menjadi konten lo yang sangat menguntungkan, selamat ya?" cibir Marcell Siahaan.

"Gue tidak menyuarakan ini untuk lo seorang, tapi kepada LMK/LMKN. Kalau lo akhirnya menyerang gue personal, gue rasa gue enggak perlu melanjutkan obrolan ini. Sebagai pihak yang punya wewenang silahkan menjawab dengan solusi, bukan serangan personal seperti yang lo lakukan. Lagian konten apa memangnya yang bisa gue buat dari isu ini, yang lo bilang 'Sangat menguntungkan?' Terima kasih. Gue mundur dari percakapan ini," imbuh Anji.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini