Share

Perankan Sarinah, Marissa Anita Mengaku Dapat Pelajaran Berharga

Lintang Tribuana, Jurnalis · Sabtu 23 Juli 2022 09:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 23 206 2634866 perankan-sarinah-marissa-anita-mengaku-dapat-pelajaran-berharga-5s9o7LTNWE.jpg Marissa Anita. (Foto: Youtube/Greatmind)

JAKARTA - Marissa Anita mendapat pelajaran penting melalui karakter Sarinah yang diperankannya di film pendek Mbok dan Bung. Memerankan sosok pengasuh Presiden RI pertama Soekarno di masa kecil, dirinya mengungkap 3 nilai penting yang didapatkannya.

"Ada tiga kata yang muncul di pikiran saya. Strength (kekuatan), emotional intelligence (kecerdasan emosi),dan compassion (welas asih)," ujar Marissa di peluncuran perdana film Mbok dan Bung di Djakarta Theater XXI, dikutip Sabtu (23/7/2022). 

Perempuan 39 tahun ini kemudian menjelaskan lebih rinci mengenai nilai kecerdasan emosional yang dimaksud. Meski Sarinah jauh dari kata berpendidikan, tetapi Marissa menilai dia memiliki kecerdasan tersebut.

Film pendek Mbok dan Bung

"Jadi kenapa saya bilang kecerdasan emosional, tadi kan Pak Guruh sudah bilang dia kan enggak bisa baca tulis, tapi yang namanya kecerdasan enggak harus istilahnya masuk sekolah gitu, kita semua merasa punya kecerdasan masing masing, salah satu kecerdasan yang luar biasa adalah kecerdasan emosional," lanjutnya.

Marissa meresapi bagaimana hubungan yang spesial antara Sarinah dengan Soekarno kecil. Bahkan sang Presiden Pertama RI itu sampai mencetuskan nama Sarinah sebagai pusat perbelanjaan pertama dan judul buku karyanya.

"Kita bisa mengobservasi orang lain, perhatikan ekspresi wajahnya, kemudian berempati dan itu saya rasa yang saya rasakan, bahkan saya bayangkan terjadi zaman dulu hubungan antara mbok Sarinah dan Bung Karno," kata aktris Perempuan Tanah Jahanam ini.

"Karena bayangkan, Bung Karno bisa menamakan pusat perbelanjaan pertama di Indonesia itu Sarinah, dia menulis buku tentang perempuan yang dia kasih judul Sarinah," lanjutnya.

Film pendek Mbok dan Bung merupakan bagian dari rangkaian transformasi Sarinah pasca pemugaran. Sarinah bersama Rekata Studio, merilis film pendek yang terinspirasi dari kisah Bung Karno dan Sarinah.

Berdurasi 15 menit, film Mbok dan Bung, bercerita tentang Sarinah pengasuh Kusno (panggilan Bung Karno di masa kecil) yang mengajarkan cinta kasih pada sesama manusia. Nilai-nilai itu membawa pengaruh kuat pada Kusno hingga tumbuh menjadi seorang humanis sebagai dasar perjuangannya membangun Indonesia.

Peluncuran perdana film ini dihadiri oleh Marissa Anita (pemeran Sarinah), Kenichi Virendra (pemeran Kusno), Menteri BUMN Erick Thohir, serta putra Presiden Soekarno, Guruh Sukarnoputra. Film pendek ini bisa disaksikan secara melalui akun YouTube Resmi Sarinah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini