Share

Lewat Lagu, Mia Ismi Gambarkan Wanita Modern dan Dewasa

Lintang Tribuana, Jurnalis · Rabu 15 Juni 2022 02:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 14 205 2611621 lewat-lagu-mia-ismi-gambarkan-wanita-modern-dan-dewasa-JnazKEShFt.jpg Mia Ismi (Foto: IG Mia Ismi)

JAKARTA - Mia Ismi akhirnya debut dengan single terjerat. Lagu ini merupakan curahan hati Mia karena pengalaman pribadi bersama sang mantan kekasih.

Lagu Terjerat bercerita tentang perempuan kuat atau alpha female, yang merasa terganggu dengan kehadiran sosok pria baru dihidupnya. Hingga membuatnya tak bisa berhenti memikirkan sang pria.

Mia Ismi

“Kalo dari liriknya pada bagian reff, seolah si wanita ini ingin menjerat si pria saking takut kehilangannya, tapi sebenarnya justru dia sendiri yang sudah terjerat. Dia sebenarnya jatuh cinta tapi dia denial dengan perasaannya. Jadi lagu ini sebuah gambaran perempuan yang modern, dewasa, berani, independen namun memiliki pride yang tinggi”, jelas Mia.

Lirik dan nada di lagu ini adalah karya orisinil Mia Ismi. Ia membawakan lagu ini dengan kemampuan vokal dan permainan biola yang luar biasa. Bukan hanya itu, Mia juga bertindak sebagai penata vokal dan String Arranger di lagu ini. Benar-benar sebuah karya mandiri yang dibuat secara matang dengan eksekusi yang baik dan berkualitas.

“Pandemi ini mengajarkan kita betapa kita memiliki kerinduan untuk berkarya. Yang biasanya hectic, tiba-tiba kita diajarkan Tuhan untuk bersabar. Tapi itu membuat kita jadi banyak waktu untuk berkhayal untuk diri sendiri. Aku langsung mikir, apa sih yang aku pengen, apa yang belum aku lakuin. Mas Garin pernah ngomong ke aku ‘kamu sebagai seniman tuh berjalan tuh harus balance ya mi, idealisme kamu dan sisi komersil kamu harus jalan. Karena itu seperti kaki kanan dan kiri, keduanya akan saling membantu. Dan karena kamu seniman, kamu pasti punya kerinduan kalo kamu enggak bikin sesuatu karya yang bukan dari diri kamu sendiri’. Dan aku inget kata-kata beliau itu’, ucap Mia saat ditanya kenapa memutuskan merilis single solo ini.

Bekerjasama dengan Willy Jayasukma sebagai Music Arranger, Mia menampilkan lagu dengan sentuhan Pop dengan sound design yang fresh dan kekinian. Kekuatan vokal dan permainan biola Mia menjadi kekuatan yang unik di lagu ini. Untuk urusan Mastering, Mia mempercayakan lagu ini pada DJ Romy Soekarno.

“Mungkin banyak musisi yang aku kenal, tapi aku mencari musisi siapa musisi yang masih fresh dan punya sound design yang seru. Kebetulan tahun lalu, aku diminta jadi juri untuk acara Lomba Cipta Lagu AKU KAMU, karya musik anak komunitas, yang diselenggarakan oleh Kemenpar. Disitu aku sekalian scouting, kan pesertanya dari seluruh Indonesia. Dan ada satu grup dari Jember namanya Linkrafin. Pas aku denger intro-nya, bagus banget. Begitu abis lomba, langsung aku kenalan dengan Music Director-nya, namanya Willy Jayasukma. Dari situ kita ngobrol untuk kolaborasi musiknya, Karena masih pandemi, kita ngerjain semuanya via online, kita enak banget tektokannya, jadi aku merasa nyaman banget dengan Willy”, tutur Mia mengenai proses produksi lagu ini.

Untuk konsep Music Video lagu ini, Mia Ismi pun men-direct video klipnya ini sendiri dan menggaet Raiden Soedjono (mantan drummer Iwan Fals) sebagai model klip. Disini Mia Ismi rupanya berusaha menggabungkan semua hal yang ia pelajari selama ini dengan mengkolaborasikan kekuatan nyanyian dengan keindahan musik, tari, akting dan permainan biola.

“Baik di lagu dan video klipnya, aku ingin mengedepankan image bahwa penyanyi dan pemain biola itu tidak selalu anggun atau mellow, tetapi bisa juga dengan karakter kuat dan bold,” tutup Mia.

Nama Mia Ismi Mia telah malang melintang di dunia hiburan, seperti teater dan musikal yang di antaranya musikal Ali Topan (ArtSwara Production) sebagai Maya dan understudy Anna Karenina (lead role) di Jakarta tahun 2010, Musikal Sangkala (Teater Abang None Jakarta, ansamble & singer) tahun 2011, Teater Nurbannah (Teater Getapri) sebagai Nurbannah (pemeran utama) tahun 2012, film Debu Revolusi (TV One Production) sebagai Ratna (pemeran utama) tahun 2012, dan masih banyak lagi.

Di tahun 2015, Mia bergabung dalam trio vocal dan violinis bersama Ava Victoria dan Ana Achjuman bernama Kamila, yang masih berjalan hingga saat ini dan sudah merilis 7 single dan 1 album.

Mia juga pernah membuat karya kolaborasi yang berjudul Batasan Dunia dan Tentang Kami. Kedua lagu ini dibawakannya bersama Kiel Dharmawel. Lagu Tentang Kami adalah bagian dari monolog berjudul sama yang ditampilkan di Kuala Lumpur, Singapura, Jakarta dan Yogyakarta.

(aln)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini