Share

Alasan Gen Halilintar Belum Bayar Ganti Rugi Rp 300 Juta ke Nagaswara

Lintang Tribuana, Jurnalis · Kamis 02 Juni 2022 20:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 02 33 2604583 alasan-gen-halilintar-belum-bayar-ganti-rugi-rp-300-juta-ke-nagaswara-j10VQHJQjR.jpg Keluarga Gen Halilintar (Foto: Instagram)

PIHAK label Nagaswara Publisherindo memenangkan putusan MA di tingkat PK (Peninjauan Kembali) terkait dugaan pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh Gen Halilintar. Berdasarkan putusan tersebut, Gen Halilintar diminta untuk membayar tuntutan denda kepada pihak Nagaswara sebesar Rp 300 juta.

Sayangnya hingga saat ini, pihak Gen Halilintar masih belum membayarkan denda tersebut pada Nagaswara. Terkait hal itu, Jejen Zaenudin, selaku perwakilan manajemen dari Gen Halilintar akhirnya angkat bicara dan mengaku belum menerima pemberitahuan resmi terkait permintaan ganti rugi itu.

"Ya, sekarang kita tinggal menunggu (langkah selanjutnya). Karena, sampai sekarang belum ada pemberitahuan resmi (mengenai ganti rugi Rp 300 juta yang harus dibayarkan)," kata Jejen Zaenudin saat ditemui di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (2/6/2022).

Suyud Margono, ahli kekayaan intelektual yang mendampingi manajemen Gen Halilintar, menuturkan bahwa uang Rp 300 juta yang diputuskan hakim dalam kasus ini merupakan denda immaterial karena melanggar hak moral. Namun dia menilai Gen Halilintar tak melakukan pelanggaran yang ditetapkan.

Manajemen Gen Halilintar

Keluarga besan Anang Hermansyah itu disebut sekadar berniat melakukan cover lagu Lagi Syantik, layaknya kreator konten lainnya. Meskipun ada sedikit lirik lagu yang diganti, Suyud menilai hal tersebut tidak melanggar hak moral.

Selain itu, Suyud mempertanyakan mengenai kalkulasi nominal angka Rp 300 juta tersebut berasal, mengingat pelanggaran hak moral adalah kerugian immateriil.

"Kalau masalah immateriil ini bukan seperti utang Rp 300 (juta) harus dibayar, berikut pinaltinya. Kalau masalah hak cipta, begitu," kata Suyud.

Seperti diketahui, keluarga Gen Halilintar membuat video cover lagu Lagi Syantik Siti Badriah dan mengunggahnya ke channel Youtube pada 2018. Mereka disebut mengcover tanpa izin dan mengubah lirik lagu asli.

Hal itu membuat pihak label Nagaswara yang memegang kuasa atas lagu tersebut tak berkenan. Mereka akhirnya menggugat Gen Halilintar ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini