Share

Tom Cruise Raih Pendapatan Perdana Tertinggi Lewat Top Gun: Maverick

Andaru Danurdana, Jurnalis · Selasa 31 Mei 2022 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 30 206 2602855 tom-cruise-raih-pendapatan-perdana-tertinggi-lewat-top-gun-maverick-LGQ5y9rFqU.jpg Tom Cruise (Foto: Reuters)

SEKUEL film Top Gun bertajuk Maverick akhirnya tayang setelah diundur selama kurang lebih tiga tahun. Meski begitu, film berdurasi 130 menit itu tetap saja mampu untuk mencetak sejarah sebagai proyek film Tom Cruise dengan pendapatan perdana paling tinggi di sepanjang karirnya.

Sebelum menjadi bintang besar Hollywood, Tom Cruise memulai karirnya pada tahun 1981 lewat sebuah cameo dalam film Endless Love karya Franco Zeffirelli. Tak lama kemudian, di tahun 1986, nama Tom akhirnya melejit secara paripurna berkat perannya sebagai Pete Mitchell dalam film drama-laga Top Gun.

Meski film tersebut tak diciptakan sebagai pembuka franchise, hal tersebut kini berubah total dengan kemunculan Top Gun: Maverick. Tayang perdana pada tanggal 27 Mei kemarin, sekuel ini berhasil membangkitkan kembali minat pecinta film terhadap kisah dramatis para pilot pesawat tempur.

Tom Cruise

Selain menjadi kebangkitan kembali judul Top Gun, Maverick juga berhasil mencetak sejarah dalam filmografi Tom Cruise. Meraup USD 124 juta alias Rp 1,8 triliun pada akhir pekan perdananya, sekuel ini dinobatkan sebagai film Tom Cruise dengan pendapatan perdana paling tinggi sepanjang karirnya.

Sebelum Maverick, film Tom Cruise dengan pendapatan perdana terbesar adalah War of the Worlds yang tayang pada tahun 2005 silam. Disutradarai Steven Spielberg, film ini debut dengan pendapatan sebesar USD 64 juta alias Rp 930 miliar; kini tampak tak ada apa-apanya bila disandingkan dengan Maverick.

Selain menjadi film terbesar Tom Cruise saat ini, debut Top Gun: Maverick di box office domestik juga sukses menggeser film Doctor Strange kedua dari tahtanya; menandakan bahwa film yang tak berasal dari franchise raksasa pun memiliki kesempatan merajai industri perfilman.

Top Gun: Maverick menjadi sekuel dari film Top Gun tahun 1986 silam, Maverick kembali berkisah tentang pilot Pete Mitchell yang kini harus melatih para kadet berbakat sebelum menjalankan misi khusus.
Selain dibintangi Tom, Top Gun: Maverick juga diramaikan Val Kilmer, Jennifer Connelly, Miles Teller, dan Jon Hamm. Digawang sutradara Joseph Kosinski, Top Gun: Maverick sendiri telah tayang sejak 27 Mei 2022 lalu di bioskop seluruh Indonesia.
1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini