Share

10 Artis yang Pernah Mencicipi Kerja Kantoran, Ada yang Jadi Komisaris hingga Dibayar Rp800.000

Adelline Tri Putri Marcelline, Okezone · Jum'at 27 Mei 2022 18:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 33 2601476 10-artis-yang-pernah-mencicipi-kerja-kantoran-ada-yang-jadi-komisaris-hingga-dibayar-rp800-000-G6IMHVvPfS.jpg Andre Taulany (Foto: Instagram @andretaulany)

JAKARTA - Perjalanan karir sejumlah artis tak selalu dimulai secara mulus. Banyak yang bergonta-ganti profesi sebelum akhirnya sukses di dunia hiburan.

Nah berikut Okezone rangkum dari berbagai sumber 10 artis yang pernah mencicipi lelahnya bekerja sebagai pekerja kantoran.

1. Dian Satrowardoyo

Siapa yang sangka ternyata artis terkenal Dian Sastrowardoyo pernah banting setir menjadi pekerja kantoran. Dia sempat memilih vakum dari dunia perfilman pada tahun 2006 hingga 2013. Di antara rentang waktu tersebut ia sempat bekerja sebagai analis, lalu menjadi konsultan.

“Waktu saya coba kerja kantoran kebayang gimana takutnya saya harus perkenalkan diri, di mana orang tahu saya artis,” kata dia.

Dian Sastro

Karena tak ingin dipandang sebelah mata, perempuan berusia 40 tahun ini pun bekerja dua kali lebih banyak dibanding rekan lainnya.

"Saya bekerja dua kali lebih keras dari teman-teman. Saya membiarkan persepsi orang-orang itu karena saya artis saya pasti ditungguin kapan salahnya. Makanya saya begadang lebih panjang,” tambahnya.

Namun setelah 3,5 tahun bekerja sebagai konsultan, Dian akhirnya berhenti dan kembali bekerja sebagai artis.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

2. Anjasmara

Sukses melakoni berbagai sinetron, Anjasmara ternyata pernah memutuskan untuk berhenti dari dunia yang membesarkan namanya. Aktor berusia 46 tahun itu, sempat bekerja menjadi Head of Division Serial Komedian dan Sinetron pada tahun 2014.

Anjasmara

Selama sekitar 11 bulan bekerja, pada akhirnya Anjasmara keluar dari pekerjaan tersebut dan menekuni profesi sebagai instruktur yoga hingga saat ini.

"Sementara di belakang layar dulu,” kata suami Dian Nitami ini pada Desember 2014.

3. Acha Septriasa

Acha septriasa pernah pelan-pelan menarik diri dari dunia perfilman pada tahun 2012. Di perusahaan minyak asal Malaysia yang membuka cabang di Jakarta, Acha bekerja sebagai Corporate and Social Responsibility.

“Jadi nanti saya harus ketemu dan lobi dengan banyak orang mulai tingkat Pak Camat sampai menteri,” ucap Acha 2012 lalu.

Acha Septriasa

Menariknya, saat hari pertama bekerja, Acha disambut meriah oleh karyawan lain kantornya itu.

“Pas mulai kerja, satpamnya bilang ‘wah Mbak Acha mau kerja disni? Asyik! Jadi pas saya datang bisa langsung lihat Mbak Acha nanti ya?” cerita dia.

Namun cewek lulusan universitas negeri Jiran ini akhirnya kembali ke dunia seni peran.

4. Andre Taulany

Jauh sebelum namanya terkenal, presenter dan komedian Andre Taulany ternyata pernah bekerja sebagai kliring man di bank saat masih kuliah. Kala itu, ia harus bekerja demi menghidupi keluarga setelah sang ayah meninggal dunia.

"Sebelum terjun ke entertain itu kerja di bank karena gua harus ngebiayain sekolah adik-adik," ucapnya, dikutip dari YouTube Maia AlElDul Tv yang tayang 21 Desember 2021.

Andre Taulany

Dirinya pun mengenang, kala itu ia hanya digaji tak sampai Rp1.000.000.

“Gajinya Rp350.000 1 bulan, tapi kan pakai lembur, jadi aku lembur bisa dapat sebulan sekitar Rp800.000, gaji pokoknya Rp350 belum tambah uang makan dan tunjangan-tunjangan ya plus lembur 800-900 ribu rupiah," ujar Andre.

Selama 2 tahun lebih bekerja, berkuliah sekaligus bermusik, kesuksesan dirinya pun dimulai saat lagu Stinky akhirnya meledak. Dia pun akhirnya keluar dari pekerjaan di bank swasta tersebut.

“Pagi saya kerja, pulang sore jam 5. Kalau enggak ada kuliah malam saya lembur. Tapi kalau ada kuliah malam saya lanjut kuliah. Pulang jam 10 dari kampus saya langsung ke studio, kebetulan tahun 1995 Stinky demonya udah diterima, rekaman,” Kenang Andre.

5. Jenita Janet

Pedangdut Jenita Janet pernah bekerja di sebuah bank di Bandung. Namun tak lama bekerja kantoran, ia akhirnya berhenti dan fokus berkarir di dunia musik tanah air.

Jenita Janet

"Aku dulu itu jadi resepsionis di sebuah Bank di Bandung," tutur dia.

6. Christian Sugiono

Pada tahun 2011 lalu, Christian Sugiono memilih untuk vakum di dunia entertainment dan memilih bekerja kantoran. Pria yang akrab disapa Tian itu sempat fokus dengan bisnis multimedia yang didirikan bersama teman-temannya. Dirinya merasa senang dengan peran barunya itu karena masih berhubungan dengan latar belakang pendidikannya di bidang IT dan multimedia.

"Saya hobi dan passion di situ. Cita-cita lamalah kurang lebihnya,” imbuh dia pada 2011 lalu.

Christian Sugiono

Pria lulusan universitas Jerman ini juga mengaku pelan-pelan mulai mengatur waktu antara pekerjaan kantorannya dengan dunia hiburan.

"Nggak juga sih. Tapi kan nggak selamanya juga saya di dunia entertain. Pengen nyoba yang lain aja. Pelan-pelan mulai mengatur waktu," jelasnya.

Dikutip dari laman Linkedinnya, setelah lebih enam tahun bekerja, tepatnya pada Juli 2017 Tian akhirnya hengkang dari perusahaan itu.

7. Sandra Dewi

Artis Sandra Dewi juga pernah menjadi pegawai kantoran pada 2014 lalu. Tak main-main, istri Harvey Moeis ini menjabat sebagai Director of Corporate Communication dan Komisaris di perusahaan properti di kawasan serpong.

Sandra Dewi

Namun karena memilih berkecimpung sebagai artis, dia kemudian meninggalkan pekerjaan lamanya itu.

8. Raline Shah

Artis cantik Raline Shah pernah bekerja sebagai karyawan kantor. Namun jabatannya tak kaleng-kaleng. Raline didapuk sebagai komisaris independen di maskapai penerbangan AirAsia pada 2017 lalu. Dia sendiri pada saat itu, Raline sangat menyambut baik dan antusias dengan bergabung bersama AirAsia.

"Alhamdulilah ini kesempatan yang baik untuk saya belajar memberi AirAsia sisi pandang yang lain karena saya dari bidang yang lain juga," tutur dia kala itu.

Raline Shah

Selain itu dia juga merasa dunia bisnis tak asing baginya karena ia dikelilingi keluarga yang juga berprofesi sebagai pebisnis.

"Ayah saya dan paman-paman saya semuanya pengusaha, bussinesman swasta juga. Jadi ini kesempatan yang baik untuk saya untuk bisa berkecimpung di sini," ucapnya.

9. Vicky Shu

Sebelum namanya dikenal sebagai penyanyi, Vicky Shu pernah bekerja di bank milik pemerintah saat berusia sekitar 20 tahun. Cewek kelahiran Cilacap ini bertugas menjadi Personal Assistant Platinum Card.

“2009. Pernah jadi Banker,” tulis Vicky di akun Instagram pribadinya.

Vicky Shu

Dia juga mengenang saat tengah santai bekerja di bank swasta itu, dirinya sibuk berfoto-foto.

“Yah kalo lg ga ada customer anak muda begini lah. Selfie dikit, posenya gitu gitu aja,” tulis dia.

Namun setelah bekerja selama setahun Vicky akhirnya keluar dari pekerjaannya.

10. Duma Riris

Duma Riris

Sebelum menggeluti dunia artis, Duma Riris merupakan pegawai di sebuah bank swasta. Duma kemudian mengikuti ajang modelling dan berhasil juara di tahun 2006. Dari situ, dirinya juga mencoba untuk ikut ajang kecantikan Puteri Indonesia 2007 dan ia keluar sebagai runner-up. Tak lama kemudian, Duma akhirnya dipersunting oleh Judika.

(ATP)

1
10

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini