Share

9 Artis yang Pindah Agama Lebih dari Sekali, Nomor 5 Sempat Dicap Penista Agama

Feby Tiara Sopian, Jurnalis · Rabu 25 Mei 2022 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 25 33 2599762 9-artis-yang-pindah-agama-lebih-dari-sekali-nomor-5-sempat-dicap-penista-agama-emUFOsmZNN.jpg Artis yang pindah agama lebih dari sekali. (Foto: Instagram/@nania.yusuf)

JAKARTA - Beberapa artis ini pindah agama lebih dari sekali. Mereka mengklaim, tidak pernah berniat untuk mempermainkan agama. Namun perjalanan hidup membawa mereka kembali pada iman awal yang mereka anut sejak lahir. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya. 

1.Nania Yusuf

Nania Kurniawati Yusuf terlahir sebagai seorang muslim. Namun pada 2009, penyanyi jebolan Indonesian Idol itu memutuskan pindah agama dan menjadi seorang nasrani. Setelah 12 tahun, dia kembali bersyahadat di bawah bimbingan Gus Miftah, pada 21 Mei 2022. 

Nania Yusuf. (Foto: Instagram/@nania.yusuf)

“Keinginan untuk pindah lagi sudah ada sejak 2 atau 3 tahun lalu. Karena bagaimanapun keluarga belum menerima saya sebagai Kristen. Meski mereka selalu bilang, ‘Ok, saya terima’,” ujarnya dikutip dari channel Official NitNot di YouTube, pada 21 Mei 2022. 

Dia menambahkan, “Cuma hati orangtua kan beda. Saya merasakannya sekarang. Pas Lebaran kemarin, saya bilang sama mami dan bapak kalau saya akan kembali memeluk agama Islam,” jelas Nania yang disambut haru kedua orangtuanya. 

2.Dewi Sandra

Dewi Sandra juga pernah meninggalkan iman Islamnya dan masuk Kristen ketika menikah dengan mendiang Glenn Fredly, pada April 2006. Pemberkatan pernikahan mereka kala itu bahkan digelar tertutup di Bali.

Dewi Sandra. (Foto: Instagram/@dewisandra)

Namun pernikahan itu harus berujung perceraian, setelah 3 tahun. Lepas dari Glenn, penyanyi dan aktris 40 tahun kembali memeluk agama Islam. Namun proses kembali sang aktris kali ini diikuti dengan keputusannya mengenakan hijab. 

“Karena bagi aku, Islam adalah satu-satunya agama yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan kritisku sejak kecil. Islam selalu punya jawaban yang masuk logika dan bisa dipertanggungjawabkan,” katanya dikutip dari channel YouTube Daniel Mananta Network, pada 6 Februari 2021.

BACA JUGA: 10 Tahun Hijrah, Dewi Sandra Akui Masih Sulit Belajar Alquran

3.Nafa Urbach

Terlahir sebagai pemeluk agama Kristen, Nafa Urbach memilih menjadi mualaf saat berpacaran dengan aktor Primus Yustisio. Sayang, hubungan mereka tak berujung di pelaminan. 

Sejak putus, penyanyi 41 tahun itu diketahui tetap bertahan menjadi muslimah. Namun saat menikah dengan Zack Lee pada Februari 2007, dia diketahui sudah kembali memeluk agama Kristen.

 Nafa Urbach. (Foto: Instagram/@nafaurbach)

“Nih ya, gue itu beragama Kristen sejak umur 23 tahun. Jadi kalau ada yang bilang gue pindah agama (setelah bercerai), itu fitnah shay,” ujarnya saat Live Instagram, pada November 2021. 

Dia menegaskan, agama adalah privasi setiap orang dan tidak bisa dipaksakan. “Ini tuh soal personal life, enggak bisa dipaksakan. Kalian mau sebut gue murtad atau kafir enggak masalah. Tapi personal life gue bukan urusan kalian,” imbuhnya. 

4.Sandy Tumiwa

Sandy Tumiwa memutuskan meninggalkan Islam dan masuk Kristen saat menikah dengan Tessa Kaunang, pada 7 Juli 2006. Dia kemudian memutuskan kembali ke agama semula, pada 2014. 

Sandy Tumiwa. (MNC Portal Indonesia)

Noviati Nusril sang tante mengatakan, ibu Sandy Tumiwa tak pernah berhenti mendoakan putranya agar kembali memeluk agama Islam. Salah satu caranya adalah dengan mengingatkan sang aktor akan janjinya untuk membawa sang ibu ke Mekkah. 

Semua doa dan penantian sang ibu terjawab ketika Sandy berada di titik terendah kehidupannya pasca-bercerai. “Dia bilang ke mamanya mau balik ke Islam, sekitar tahun 2014,” ujar Noviati, dikutip dari channel YouTube Citra Selebriti, pada 5 November 2020.

BACA JUGA: Belum Setahun Menikah, Sandy Tumiwa dan Henny Mona Pisah Ranjang

 

5.Jonas Rivanno

Jonas Rivanno yang seorang penganut Kristen menjadi mualaf saat menikahi Asmirandah, pada 17 Oktober 2013. Kemudian pada 18 Desember di tahun yang sama, Pengadilan Agama Depok resmi membatalkan pernikahan mereka. 

Pembatalan nikah itu diajukan sendiri oleh Asmirandah karena merasa suaminya tak sungguh-sungguh memeluk Islam. Pasalnya seminggu setelah menikah, Jonas kembali beribadah sesuai agamanya. Hal inilah yang kemudian memancing amarah publik. 

Jonas Rivanno dan Asmirandah. (Foto: YouTube/Daniel Mananta Network)

Gara-gara kasus itu, organisasi kemasyarakatan sempat melaporkan sang aktor ke polisi atas tuduhan penistaan agama. Namun pada 2014, polisi mengeluarkan SP3 alias penghentian penyelidikan atas kasus tersebut. 

“Saat itu, kami melakukan kesalahan. Ketika mau menikah, aku justru melakukan kesalahan dan dianggap mempermainkan agama. Tapi dari kasus itu, aku belajar mengenai penyertaan Tuhan,” ujar Jonas dikutip dari channel Daniel Mananta Network di YouTube, pada 18 Desember 2021.

Jonas Rivanno dan Asmirandah akhirnya sama-sama memantapkan hati untuk menjadi Kristen dan menikah kembali pada 24 Januari 2014. Saat ini, keduanya sudah dikaruniai seorang putri cantik bernama Chloe. 

6.Marcell Siahaan

Perjalanan Marcel Siahaan menjadi seorang mualaf terbilang berliku. Dia terlahir sebagai seorang Kristen, namun tumbuh dengan menyakini bahwa dirinya sebagai penganut agnostik. 

Namun ketika menikahi penyanyi sekaligus penulis Dewi ‘Dee’ Lestari, pada 2003, dia memutuskan pindah agama menjadi Buddha. Keduanya kemudian bercerai pada akhir tahun 2008, setelah 5 tahun menikah.

 Marcell Siahaan. (Foto: Okezone)

Tak perlu waktu lama, Marcell Siahaan kemudian menikahi model cantik asal Malaysia, Rima Melati Adams, pada 2009. Menariknya, pada pernikahan keduanya ini, pelantun Peri Cintaku tersebut memutuskan menjadi mualaf mengikuti keyakinan sang istri. 

“Aku tak mau merasa takut. Aku ingin terus mencari bagaimana caranya bisa benar-benar dekat dengan sang Khaliq. Karena pada akhirnya, aku mencari kedekatan itu,” tuturnya saat menjadi bintang tamu channel YouTube Daniel Mananta Network, pada 31 Maret 2021. 

7.Steve Emmanuel

Aktor Siapa Takut Jatuh Cinta ini sempat menarik perhatian publik ketika memutuskan meninggalkan iman Kristianinya dan menjadi mualaf pada 2008. Kala itu, Steve Emmanuel yang berpacaran dengan aktris Andi Soraya, bahkan mengubah namanya menjadi Yusuf Iman. 

Ketika terjerat kasus narkoba, pada 21 Desember 2018, dia diketahui kembali memeluk agama Kristen. Hal itu dikonfirmasinya saat persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, pada 4 April 2019.

 Steve Emmanuel. (Foto: Okezone)

“Saya rasa, agama adalah sesuatu yang pribadi. Kalau saya menjelaskan kebiasaan saya berkeyakinan mungkin cukup panjang. Saya butuh 1 jam untuk menjelaskan hal itu,” tuturnya kala itu. 

Bapak satu anak itu menambahkan, sebenarnya ada alasan yang membuatnya kembali menganut agama Kristen. “Sebenarnya, bukan cuma satu atau dua alasan yang membuat saya berubah pikiran,” imbuh Steve Emmanuel kala itu.

8.Kriss Hatta

Kriss Hatta menjadi mualaf saat menikahi selebgram Hilda Vitria, pada 2015. Namun dia mengaku, pengalaman mendekam di balik jeruji besi membawanya kembali pada Kekristenan. 

Sang aktor sempat mendekam di Lapas Kelas I Cipinang, Jakarta Timur, sepanjang tahun 2018-2019 akibat dua kasus berbeda: pemalsuan dokumen pernikahan dan kasus penganiayaan. 

Kriss Hatta. (Foto: Instagram/@krisshatta07)

“Dari satu kasus ke lainnya membuat saya berproses. Dua agama itu berkecamuk di hati saya. Akhirnya putuskan pindah agama ke Kristen, pada Oktober 2019,” ungkapnya, pada 26 Desember 2021. 

Sejak kembali memeluk agama Kristen, Kriss Hatta memilih untuk lebih selektif dengan tawaran pekerjaan. “Sekarang, klien-klien TV yang sering minta gue untuk memerankan tokoh ustadz sudah enggak bisa lagi,” tuturnya.

BACA JUGA: Kriss Hatta Pindah Agama: Awalnya Bingung Masuk Gereja atau Masjid 

9.Bang Tigor

Terkenal berkat aktingnya dalam Suami-Suami Takut Istri, Bang Tigor ternyata memiliki perjalanan spiritual yang cukup panjang. Dia terlahir sebagai seorang muslim dan pindah agama menjadi Kristen saat menikah dengan Selly Suryani Gunawan, pada 3 April 1998. 

Setelah 14 tahun menikah, Bang Tigor bercerai dari Selly dan menikah kembali dengan Lubna Suruq, pada 9 Oktober 2012. Perannya dalam sinetron Islam KTP kemudian menjadi titik baliknya untuk kembali menganut agama Islam. 

Bang Tigor. (Foto: Okezone)

“Saya kemudian berpikir, apa saya salah? Terus timbul pertanyaan, nanti kalau orangtua saya sudah tidak ada, siapa yang mendoakan mereka? Itulah salah satu hidayah yang saya dapatkan berkat teman-teman saya,” ujarnya dikutip dari channel YouTube Dondy Tan, pada 15 Oktober 2021. 

Dari hidayah itu, aktor bernama asli Sumaisy Djaitov Yanda tersebut kemudian mantap untuk kembali mengucap syahadat. Hingga kini, dia mulai mendalami Islam dan memutuskan menjalankan ibadah umrah setelah menikah untuk ketiga kalinya dengan Aisyah.*

1
8

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini