Share

Perjalanan Karier Sahrul Gunawan dari Publik figur Hingga Menjadi Wakil Bupati

Arya Ravato Bagasraga, Jurnalis · Jum'at 13 Mei 2022 12:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 13 33 2593484 perjalanan-karier-sahrul-gunawan-dari-publik-figur-hingga-menjadi-wakil-bupati-VxVZ5pmiXG.jpg Sahrul Gunawan (Foto: Instagram)

NAMA Sahrul Gunawan tampaknya sudah tak asing lagi bagi para penonton setia televisi Tanah Air. Wajahnya bahkan kerap wara-wiri di berbagai judul sinetron sejak tahun 90-an, hingga saat ini.

Semua pasti penasaran bagaimana kehidupan pribadi dan perjalanan karir sang artis di dunia hiburan. Lewat perannya dalam sinetron Jin dan Jun, nama Sahrul Gunawan mulai melambung di belantika hiburan tanah air pada tahun 1996. Dalam sinetron tersebut, ia berperan sebagai Junaidi yang berteman dengan Jin yang ditemukannya di Laut Kidul.

Lewat perannya tersebut, berbagai tawaran bermain sinetron pun silih berganti berdatangan. Sahrul juga sempat memandu acara-acara televisi dan menelurkan karya musik.

Pria kelahiran Bogor, 23 Mei 1976 ini hidup dari keluarga sederhana. Bakatnya mulai terlihat sejak duduk di bangku SMP. Ia dikenal sebagai pribadi periang dan aktif dalam keanggotaan OSIS.

Selain suka menirukan gaya presenter yang tampil di televisi, Sahrul juga sering ikut kontes menyanyi. Keaktifannya tersebut membuat prestasi akademiknya sedikit terganggu.

Ia lulus SMA dengan nilai pas-pasan dan gagal masuk universitas negeri. Akhirnya Sahrul pun kuliah di Universitas Pakuan Bogor mengambil jurusan Manajemen.

Sahrul Gunawan dan anak-anak

Pada tahun 1993, putra dari pasangan H. Soemantri dan Hj. Hasanah ini mengikuti kontes Top Guest yang diselenggarakan Majalah Aneka. Dengan modal pas-pasan, ia menempuh Bogor-Cikini menggunakan kereta dan Bajaj.

Meski sempat minder karena pesaingnya terlihat cukup berat, ternyata Sahrul berhasil membawa pulang juara ketiga dari ajang tersebut. Tepatnya saat usianya baru menginjak 17 tahun.

Sahrul sempat mengikuti Asia Bagus tanpa sepengetahuan kedua orang tuanya yang kurang merestui cita-citanya menjadi penyanyi kala itu. Namun sayang, ia cuma bisa bertahan sampai grand final.

Selepas dari ajang tersebut, Sahrul menjajal perhelatan Cipta Pesona Bintang yang diselenggarakan RCTI. Lagi-lagi hanya bertahan sebulan karena ia kesulitan pulang-pergi Jakarta-Bogor.

Pada tahun 1996, Sahrul berhasil masuk dapur rekaman. Ia merilis album pertamanya bertajuk Hanya Dirimu. Ia juga sempat berduet dengan Lavenia dalam album Mandarin berjudul White Snake Legend versi Indonesia.

Setelah rilis albumnya tersebut, memasuki usianya yang ke-20 tahun, Sahrul pun mendapat tawaran bermain sinetron Jin & Jun langsung sebagai tokoh utama bernama Junaidi. Kiprahnya dalam sinetron tersebut berhasil melambungkan dirinya. Bahkan, Sahrul lebih sering dikenal sebagai Jun oleh orang-orang saking melekatnya.

Dari perannya tersebut, Sahrul memperoleh predikat Bintang Potensial Tabloid Bintang 1997 dan masuk ke dalam nominasi Bintang Komedi TV Pria Favorit Panasonic Awards 2000.

Setelah sukses dengan Jin & Jun, Sahrul pun beradu akting dengan aktris berbakat Agnes Monica dalam sinetron Pernikahan Dini. Nama Sahrul sebagai pemain sinetron makin populer. Lewat sinetron ini, Sahrul pun masuk ke dalam nominasi Aktor Favorit Panasonic Awards 2001.

Kiprah Sahrul sebagai bintang sinetron pun kian menanjak. Puluhan sinetron dan FTV telah dilakoninya. Beberapa di antaranya yaitu Kecil-Kecil Jadi Manten (2003), Bukan Cinderella (2003), Anak Cucu Adam (2005), Dibalik Jilbab Zaskia (2009), Nurjannah (2010), dan Keburu Jodoh (2012).

Selain dunia perang, Sahrul juga menjajal dunia bisnis. Ia membuat bisnis travel untuk umrah dan haji bernama Tour & Travel Umroh dan Haji Plus "AFI Tour" dengan brand Sakinah Group (SG Travel).

Dalam hal asmara, Sahrul pernah dekat dengan Intan Nuraini dan Zaskia Adya Mecca. Namun, hubungan mereka pun kandas. Hingga akhirnya ia pun menikah dengan wanita asal Kalimantan, Indriani Hadi pada 3 Februari 2007. Mereka telah dikaruniai 3 buah hati.

Pada tahun 2016, hubungan Sahrul dengan Indriani pun kisruh. Padahal pasangan ini jarang diterpa gosip. Hingga akhirnya mereka pun memutuskan pisah. Sahrul yang sudah tidak muda lagi mencoba menata kembali kehidupannya di dunia nyata bukan di layar kaca.

Sejak 2019 lalu, Sahrul Gunawan mulai terjun ke dunia politik. Sahrul diketahui maju sebagai calon legislatif DPR RI 2019 yang diusung partai Nasdem. Sayangnya, Sahrul tidak berhasil lolos ke Senayan. Di tahun 2020 ini, Sahrul pun kembali maju sebagai Calon Wakil Bupati Kabupaten Bandung.

Dalam suatu kesempatan, Sahrul mengungkapkan bahwa Ia ingin terjun ke dunia politik karena merasa tidak puas dengan regulasi yang diberlakukan pemerintah saat ini. Dengan pencalonannya sebagai Wakil Bupati ini, Sahrul pun merasa memiliki tanggung jawab besar atas amanah yang diberikan kepadanya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini