Share

Kisah Mualaf Angelina Sondakh, Cucu Pendeta yang Hafal Alquran hingga Jadi Guru Ngaji

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Rabu 20 April 2022 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 20 33 2582298 kisah-mualaf-angelina-sondakh-cucu-pendeta-yang-hafal-alquran-hingga-jadi-guru-ngaji-3BzbuFSDtl.jpg Angelina Sondakh (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kisah mualaf Angelina Sondakh bisa menjadi inspirasi banyak orang. Mantan artis sekaligus politikus ini mendapat hidayah sebelum menikah dengan mendiang aktor Adjie Massaid pada 2009.

Keputusannya menjadi seorang mualaf ternyata membuat kedua orangtua Angelina Sondakh dikucilkan keluarga besar. Sebab, kakek Angie, sapaan akrabnya adalah seorang pendeta. Sementara, ayahnya memimpin gereja selama 15 tahun.


Angelina Sondakh

Kendati demikian, Angie tetap memegang teguh keyakinannya. Bahkan, dia memutuskan untuk berhijab sampai sekarang. Dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (19/4/2022), simak kisah mualaf Angelina Sondakh berikut ini.

Menikah dengan aktor Adjie Massaid

Angelina Sondakh terlahir dari keluarga pemeluk agama nasrani yang taat. Ya, sang kakek adalah seorang pendeta dan ayahnya telah menjadi pemimpin gereja selama 15 tahun. Angie kemudian dikabarkan dekat dengan Adjie Massaid pada 2005, tepatnya pasca Adjie bercerai dengan penyanyi Reza Artamevia.

Perbedaan agama menjadi tembok besar bagi hubungan Angie dengan Adjie. Hingga akhirnya Angie memutuskan pindah agama menjadi Islam pada 2008 silam. Pada Februari 2008, Adjie Massaid dikabarkan menemui orangtua Angie di Manado untuk melamar kekasihnya. Sayangnya, Ayah Angie tak memberi restu untuk mereka.

Meski begitu, Angie dan Adjie memilih jalan nekat. Keduanya melangsungkan pernikahan secara diam-diam tanpa sepengetahuan keluarga Angie pada 2009. Dari pernikahan itu, mereka dikaruniai seorang putra bernama Keanu Jabaar Massaid yang lahir pada 9 September 2009. Selang dua tahun, Adjie Massaid dikabarkan terkena serangan jantung saat main futsal. Mendiang menghembuskan napas terakhirnya pada 5 Februari 2011 silam.

Tersandung kasus korupsi

Setahun berlalu pasca kematian mendiang Adjie Massaid, Angelina Sondakh seolah mendapat banyak cobaan. Pada 2012, Angie terjerat kasus korupsi Wisma Atlet Jakabaring, Palembang dan dipenjara selama 10 tahun.

Tak lama kemudian, isu tak sedap kembali menerpa Angie. Ia dikabarkan keluar dari Islam alias murtad. Namun, Angie menepis kabar tersebut dan menegaskan bahwa dirinya masih memeluk agama Islam. Tanggapannya pun bijak dengan menyebut isu miring itu sebagai bentuk penghapusan dosa-dosanya.

Berhijab dan menjadi guru ngaji

Seolah menepis isu murtad, Angie mantap menutup auratnya dengan memakai hijab pada 2015 silam. Angie pun menjadi sosok yang lebih religius, tegar, penyabar, dan dewasa. Ia bahkan menjadi guru ngaji di Rutan Pondok Bambu. Tak hanya itu, Angie juga menghafal sebanyak 15 juz Alquran. Hal itu diungkapkan oleh Ustadz Yusuf Mansur dalam keterangannya.

Bebas dari penjara

Selama 10 tahun mendekam di penjara, Angie benar-benar mendapatkan banyak hidayah dan hikmah yang bisa diambil sebagai pelajaran untuk hidup menjadi lebih baik. Kini, usai bebas dari hukuman penjara, Angelina Sondakh mengaku tak ingin lagi terjun ke dunia politik. Dirinya memilih untuk fokus mendekatkan diri dengan sang putra yang telah terpisah selama 10 tahun terakhir.

Baca pembahasan mengenai Kisah Religius Artis selengkapnya di Celebrities.id melalui link berikut https://www.celebrities.id/tag/religius.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini