Share

7 Artis Wanita yang Mualaf, Dewi Sandra hingga Dian Sastro

Tim Litbang MPI, Jurnalis · Rabu 20 April 2022 17:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 20 33 2582282 7-artis-wanita-yang-mualaf-dewi-sandra-hingga-dian-sastro-5A0ZNEudgN.jpg Dian Sastrowardoyo (Foto: IG Dian Sastro)

JAKARTA - Mualaf berasal dari bahasa Arab yang berarti “orang yang dilembutkan hatinya”. Ini merujuk pada seseorang yang mengalami gejolak, yang kemudian diberikan keyakinan dan hatinya diluluhkan untuk memeluk agama Islam.

Ada beberapa artis wanita Indonesia yang mendapatkan hidayah menjadi mualaf, dengan keinginan dan berdasarkan perjalanan spiritual masing-masing yang mereka alami. Berikut ini adalah daftarnya.

1. Dewi Sandra

Dewi Sandra Killick atau Dewi Sandra mengalami banyak lika-liku di hidupnya hingga pada akhirnya mantap memeluk agama Islam. Artis cantik kelahiran 3 April 1980 di Rio de Janeiro, Brasil, yang dulunya merupakan seorang penyanyi dan model ini pernah mualaf pada tahun 2000 ketika menikah dengan suami pertamanya, Surya Saputra. Setelah 4 tahun menikah, pernikahan tersebut kandas pada tahun 2005. Kemudian setahun setelahnya, Dewi menikah dengan mendiang Glenn Fredly. Dari pernikahan tersebut, Dewi Sandra meninggalkan agama Islam. Tapi lagi-lagi pernikahannya dengan Glenn Fredly berakhir pada tahun 2009.

Setelah banyaknya hal yang dilaluinya, Dewi Sandra pun memutuskan kembali memeluk agama Islam. Baginya, hanya agama Islam yang bisa menjawab segala pertanyaan dalam hidupnya. Delapan tahun menjadi mualaf, pemain sinetron Catatan Hati Seorang Istri itu sekarang terkenal dengan OOTD hijabnya yang kekinian dan jadi panutan.

2. Dian Sastrowardoyo

Dian Sastro memeluk agama Islam pada tahun 2002 ketika berusia 22 tahun. Diketahui, ibunda Dian adalah pemeluk agama Katolik, sementara mendiang ayahnya menganut agama Buddha. Karena kedua orangtuanya memiliki perbedaan keyakinan, Dian Sastro sempat mempelajari banyak agama, mulai dari Buddha, Hindu, Taoisme, Katolik, hingga Konghuchu. Namun, dulunya Dian Sastro sempat memiliki ketakutan dengan agama Islam dan beranggapan bahwa Islam agama yang kejam. Setelah dituntun oleh guru spiritual yang dalam, pandangan Dian tentang Islam berubah. Dia pun membaca dua kalimat syahadat pada malam Isra Mi’Raj di tahun tersebut. Sempat banyak yang meragukan tentang keputusan Dian untuk pindah agama, terutama dari keluarga besar. Akan tetapi, Dian percaya dengan apa yang diyakininya sebagai seorang mualaf.

3. Alice Norin

Ibunda Alice Norin adalah seorang Muslim, sementara ayahnya menganut agama Kristen. Karena perbedaan keyakinan dari kedua orang tuanya membuat Alice mempelajari dua agama sekaligus. Namun, Alice memutuskan untuk mantap menjadi mualaf di tahun 2007. Pada saat itu, Alice membaca doa berbahasa Indonesia saat melaksanakan salat lantaran pendalaman ilmu Islamnya masih kurang tapi dia merasakan banyak keberkahan usai melakukan salat. Alice semasa sekolahnya memiliki sugesti bahwa jika dia salat, maka nilainya akan semakin bagus. Mungkin itulah yang menuntunnya mendapatkan hidayah.

4. Marsha Timothy

Aktris cantik sekaligus istri Vino G. Bastian, Marsha Timothy, memutuskan menjadi mualaf jauh sebelum dia menikah. Keputusan Marsha untuk mualaf bukanlah karena Vino, melainkan karena keteguhan hatinya sendiri. Sebelumnya, Marsha Timothy beragama Kristen. Lalu pernikahannya dengan Vino dilaksanakan dengan cara Islam pada 20 Oktober 2012 yang menimbulkan pendapat bahwa Marsha menjadi mualaf karena suaminya itu, meski Marsha sudah membantahnya.

5. Soraya Larasti

Soraya Larasati mengaku bahwa di masa mudanya, dia melakukan banyak hal buruk. Ketika usianya 20-an, artis keturunan Batak dan Tionghoa itu berkarier di dunia model, lalu terjun ke dunia akting dan tampil di berbagai judul sinetron. Kehidupan selebritisnya membuat Soraya sering hadir di party dan dunia malam yang membuat ayahnya, Budianto Kusnandi, gelisah karena putrinya terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Ayahnya juga sering menanyakan keberadaannya dan kapan ia pulang. Lalu pada suatu waktu, Soraya yang baru pulang pesta melihat ayahnya yang seorang mualaf melakukan salat Tahajud agar putrinya mendapatkan hidayah. Soraya merasa tersentuh karena hal tersebut. Pada akhirnya, dia menyesali perbuatannya dan mulai mendekatkan diri kepada Allah SWT. Soraya mantap menjadi mualaf pada tahun 2012.

6. Rina Diana

Sosok Rina Diana dikenal sebagai pemain sinetron dan FTV yang malang melintang di layar kaca. Berdasarkan penuturannya pada channel YouTube Catatan Film, artis keturunan Manado-Pakistan ini memeluk agama Islam pada 2011. Saat masih kecil, papanya yang menganut agama Katolik pernah memberinya pilihan apakah Rina ingin masuk Katolik atau Islam. Ketika Rina tinggal di Jakarta pada tahun 2010, Rina belajar dan akhirnya resmi masuk Islam. Rina mengaku bahwa setiap kali melihat orang-orang setelah salat, Rina merasa tertarik untuk belajar salat juga. Meskipun sampai sekarang belum berhijab, Rina beberapa kali memamerkan fotonya saat berhijab melalui akun sosial media.

7. Renata Kusmanto

Renata Kusmanto adalah model dan aktris keturunan Jawa-Tionghoa. Istri aktor Fachri Albar ini resmi menjadi mualaf pada Mei 2014. Renata mengucapkan dua kalimat syahadat di Masjid Sunda Kelapa. Di tahun yang sama, Renata dan Fchri menikah pada Kamis, 12 Juni 2014. Renata sempat mengalami kesulitan pada masa-masa awalnya sebagai seorang mualaf. Ia juga belajar keislaman dan mengaji dari mertuanya, dan mendalami Al-Quran dengan versi terjemahan.

Baca pembahasan mengenai Kisah Religius Artis selengkapnya di Celebrities.id melalui link berikut https://www.celebrities.id/tag/religius

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini