Share

Biodata dan Agama Ade Armando, Aktivis Viral Dikeroyok Massa Demo 11 April hingga Babak Belur

Tim Okezone, Okezone · Selasa 12 April 2022 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 12 33 2577655 biodata-dan-agama-ade-armando-aktivis-viral-dikeroyok-massa-demo-11-april-hingga-babak-belur-tF8xE2pV38.jpg Biodata dan Agama Ade Armando. (Foto: MNC Portal)

BIODATA dan agama Ade Armando akan diulas. Ia menjadi viral lantaran dikeroyok massa Demo 11 April hingga babak belur.

Ade Armando babak belur dihajar massa saat demo 11 April 2022 di depan Gedung DPR, Jakarta, (11/4/2022). Tak hanya itu, aktivis media sosial yang dicap sebagai pendukung pemerintah itu juga dilucuti celananya.

Beruntung, personel kepolisian berhasil mengamankan Ade Armando masuk ke Kompleks Gedung DPR meski dengan muka bonyok. Namun hingga kini aparat belum mengetahui siapa pelaku dan apa motifnya.

 BACA JUGA:Ade Armando Dikeroyok Massa Demo 11 April, Kiky Saputri: Sedih Banget!

"Itu terjadi di dalam massa aksi ya, kita juga sudah melakukan evakuasi saat kejadian itu terjadi," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol E Zulpan, Senin (11/4/2022).

 Biodata dan agama Ade Armando

"Ade Armando luka-luka dan kita belum tahu kondisinya. Motifnya juga belum tahu karena dalam aksi masa dia dipukuli," katanya.

Lalu siapa Ade Armando? berikut ini profilnya:

Ade Armando merupakan akademisi kelahiran Jakarta, 24 September 1961 dan beragama Islam. Dia dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI). Ade Armando adalah anak bungsu dari tiga bersaudara dari pasangan Mayor Jus Gani dan Juniar Gani.

Orangtuanya berasal dari Minangkabau. Ayahnya pernah menjadi atase di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Maroko dan Filipina di masa Presiden Soekarno. Namun setelah rezim Soekarno runtuh, Mayor Jus Gani harus melepaskan jabatannya dan terpaksa membawa keluarganya merantau ke Malaysia untuk berdagang.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Pada 1968, orangtua Ade Armando kembali ke Indonesia dan menetap di Bandung. Ade Armando menamatkan pendidikan di SD Banjarsari I Bandung pada 1973. Ia melanjutkan SMP Negeri 2 Bogor (tamat 1976), dan SMA Negeri 2 Bogor (tamat 1980). Setamat SMA, Ade Armando menuruti saran ayahnya kuliah di FISIP UI untuk menjadi diplomat.

Namun dalam perjalanannya, ia pindah ke jurusan ilmu komunikasi. Di bangku kuliah itu, Ade Armando aktif di pers mahasiswa, Warta UI. Ia pun belajar jurnalistik langsung dengan Rosihan Anwar dan Masmimar Mangingat.

Ade Armando akhirnya selesai kuliah pada 1988. Ia lalu meraih gelar Master of Science dalam population studies dari Universitas Negeri Florida pada 1991 dan mendapatkan gelar doktor dari Universitas Indonesia pada 2006.

Ade pernah berkarier sebagai wartawan, tapi lalu aktif di dunia penelitian dan aktivis. Saat ini ia dikenal sebagai pegiat media sosial yang pro terhadap pemerintah Jokowi. Ia juga rutin menyampaikan buah pikirannya melalui kanal YouTube dan sering berbuah kontroversi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini