Share

Cerita Sedih Penyanyi Winaya Satasya Lakukan Penelitian di Penangkaran Hewan Liar

Ahmad Haidir, Jurnalis · Sabtu 19 Maret 2022 02:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 18 33 2564154 cerita-sedih-penyanyi-winaya-satasya-lakukan-penelitian-di-penangkaran-hewan-liar-1dFuITk2FQ.jpeg Winaya (Foto: Ist)

JAKARTA – Di tengah kesibukannya sebagai seorang penyanyi dan penulis lagu, Winaya Satasya yang akrab disapa Winaya saat ini tengah menjalani magang di tempat penangkaran atau konservasi hewan di Garut, Jawa Barat.

Kegiatan Winaya di tempat konservasi Kukang hingga Musang liar ini adalah salah satu rangkaian aktivitas dari pendidikan yang ia tekuni saat ini. Belum banyak yang mengetahui kalau solois wanita yang baru saja merilis single keduanya yang berjudul Love Game ini merupakan lulusan Zoologi dari sebuah universitas di Melbourne, Australia.

Winaya

"Kami disana menggunakan sejenis frekuensi radio untuk mencari keberadaan kukang. Selain kukang, kita juga melakukan riset terhadap beberapa jenis burung dan musang,” jelas Winaya dikutip oleh MNC Portal Indonesia.

"Enggak banyak yang tahu kalo kukang, musang, dan berbagai burung ini membantu petani menghasilkan berbagai macam kopi," sambungnya.

Winaya mengakui kalau dia sangat senang bisa mempelajari banyak hal selama melakukan riset tentang Kukang dan Musang liar di penangkaran tersebut. Kebetulan, ia baru mengetahui jika kukang itu beraktifitas di malam hari hingga subuh dimana hal tersebut merupakan tantangan tersendiri baginya hingga mengganggu rutinitas waktu tidurnya.

"Aku sangat beruntung dapet bantuan dan dituntun orang-orang sekitar yang sangat paham medan.. dan juga paham kekhawatiran aku juga,” ungkap Winaya sambil tertawa.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Ada satu kisah menarik, dimana musisi cantik kelahiran 4 Maret 1998 ini mengakui jika ia hampir menangis ketika pertama kali melihat Kukang di habitat aslinya.

"Aku kan biasa melihat kukang dan sejenisnya di semacam petshop atau seperti di area Jalan Barito yang biasa jualan macem-macem binatang. Pas aku lihat aslinya dengan mata kepalaku sendiri, bagaimana mereka berinteraksi dengan kita, membuat aku mau nangis," kenangnya.

Selain melakukan riset, Winaya mencoba mengisi waktu luangnya dengan musik. Ternyata waktu istirahatnya ia gunakan untuk menulis lirik. Ia memanfaatkan situasi dan keadaan disana yang cukup terisolir untuk merampungkan lagunya - sebuah suasana dan ketenangan yang justru tidak ia dapatkan ketika harus balik ke hiruk-pikuknya kota - .

“Mungkin sedikit tentang lirik lagu terbaruku, Love Game, terinspirasi dari kisah orang terdekat aku, cerita mengenai persoalan asmara klasik yang pasti pernah terjadi pada siapa saja, lagu ini banyak memakai metafora, jadi dengarkan maknanya yang tersirat dan tersurat” ujar Winaya tersenyum.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini