Share

Film Uncharted Dilarang Masuk Vietnam, Alasannya Bikin Kaget

Andaru Danurdana, MNC Portal · Selasa 15 Maret 2022 01:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 14 206 2561346 film-uncharted-dilarang-masuk-vietnam-alasannya-bikin-kaget-7VGSwuEOVZ.jpg Film Uncharted (Foto: IG Uncharted)

JAKARTA โ€“ Meski sudah tayang sejak Februari 2022, film Uncharted baru akan menyentuh pasar sederetan negara Asia di pertengahan bulan ini. Sayangnya, karena sebuah properti film yang salah, film Uncharted dilarang masuk negara Vietnam.

Uncharted adalah film petualangan yang dibintangi Tom Holland dan Mark Wahlberg. Mengadaptasi seri video game dengan judul sama, film ini berfokus pada petualangan sang tokoh utama bernama Nathan Drake yang mencari harta karun misterius demi menemukan saudara kandungnya yang hilang.

Film Uncharted

Direncanakan masuk beberapa negara Asia di tanggal 18 Maret besok, sayangnya film keluaran Sony ini tersandung sebuah kontroversi ketika hampir masuk negara Vietnam. Gara-gara sebuah adegan yang dianggap โ€˜ilegalโ€™ oleh lembaga sensor setempat, film Uncharted pun diputuskan dilarang tayang.

Usut punya usut, rupanya ada sebuah adegan di film ini yang menampilkan sebuah peta Asia dengan klaim teritori yang salah. Di peta tersebut, Laut China Selatan ditampilkan sebagai wilayah yang sudah diklaim China; padahal, dilansir dari ScreenRant, Senin (14/3/2022), teritori itu masih diperebutkan oleh Vietnam, Filipina, Taiwan, Indonesia, dan Malaysia di dunia nyata.

Meski Vietnam hanyalah sebuah negara kecil dengan pasar film yang tak terlalu besar untuk studio sekelas Sony Pictures, batalnya Uncharted gara-gara satu adegan sepele ini diperkirakan bisa membuat Sony kehilangan pendapatan box office internasional sekitar satu jutaan.

Pelarangan ini pun menjadi satu lagi rintangan yang dihadapi film barat ketika berusaha memasuki negara timur yang punya banyak peraturan dan adat-istiadat. Tentunya sulit bagi sineas maupun eksekutif studio untuk memuaskan semua pihak; ada beberapa pasar yang harus mereka korbankan demi menampilkan ide kreatif sesuai rencana.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini