Share

China Sensor Adegan LGBT dalam Serial Friends

Dewi Aspara, Jurnalis · Senin 14 Februari 2022 22:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 14 206 2547245 china-sensor-adegan-lgbt-dalam-serial-friends-tMQyef21tR.jpeg Friends (Foto: NBC Universal )

CHINA telah menyensor adegan LGBTQ dan segmen sugestif sensual lainnya dari serial Friends. Keputusan itu dilakukan dengan menghapus serta menyunting kembali percakapan pada adegan tersebut.

Adegan tersebut merupakan episode pertama yang menceritakan tentang Carol Willick (Jane Sibbett). Kala itu dia sedang menceraikan Ross Geller (David Schwimmer) setelah menyadari dirinya adalah seorang lesbian.

Selain itu, China  juga mengubah percakapan yang dianggap terlalu seksual. Seperti komentar Ross yang mengatakan “Wanita bisa orgasme beberapa kali” menjadi “wanita memiliki gosip yang tak ada habisnya.”

Lantas, keputusan tersebut memicu kemarahan dari para penggemar serial di China. Mereka turun ke media sosial, Weibo untuk menyuarakan tagar #FriendsCensored, yang telah mencapai lebih dari 54 juta tampilan hashtag.

Mengutip New York Post (14/2/2022), tagar itu kemudian disensor setelah sehari setelah pencapaian tersebut. Menurut laporan Deadline, alasan penyensoran karena meremehkan tradisi budaya, merusak kebijakan agama hingga dianggap membahayakan moralitas sosial.

Pada 2015, China secara tegas melarang acara TV dan film yang diklaim sebagai ‘hubungan seksual yang tidak normal’ termasuk homoseksualitas. Sedangkan Friends kembali ditayangkan melalui layangan streaming China seperti Tencent, Youku, dan Bilibili pada 11 Februari 2022.

Serial yang dibintangi Jennifer Aniston itu pertama kali disiarkan tanpa sensor di China melalui layanan streaming, Sohu dan iQiyi pada 2012. Namun acara tersebut dihapus pada 2013 karena berakhirnya kontrak.

(nit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini