Share

Periskop 2022: Dangdut dan Koplo Masih Bertahan Warnai Industri Tanah Air

Lintang Tribuana, Okezone · Kamis 06 Januari 2022 07:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 05 205 2527706 periskop-2022-dangdut-dan-koplo-masih-bertahan-warnai-industri-tanah-air-gTEGyfLLed.jpg Ilustrasi musik (Foto:Pexels/Pixabay)

JAKARTA - Musik merupakan salah satu karya seni yang menjadi media hiburan favorit masyarakat. Mengenai apa yang akan menjadi tren di 2022, pengamat musik Aldo Sianturi menyebut dangdut dan koplo masih berjaya di industri Tanah Air.

"Dangdut dan Koplo masih mewarnai tahun ini dengan lirik yang jenaka," ujar Aldo saat dihubungi MNC Portal Indonesia.

Kawula muda yang dijuluki sebagai Gen Z memang cenderung menggemari lagu-lagu yang berbahasa Inggris. Tetapi lagu yang menggunakan bahasa daerah bakal semakin berani meramaikan industri musik.

Baca Juga:

Periskop 2022: Menanti Kebangkitan Industri Properti Tahun Ini

Periskop 2022: Tunggu Keajaiban di Semester 2, Konser Musik Bagai Mendung Tanpo Udan

 

"Lirik berbahasa daerah juga akan mulai punya nyali meramaikan pasar musik," ungkapnya.

Di luar dangdut dan koplo, Aldo menyebut genre pop di tahun 2022 juga masih menjadi refleksi selera masyarakat. Rock yang sempat tenggelam pun mulai bermunculan lagi dan gempurannya datang dari luar Jawa.

Tak bisa dipungkiri bahwa tren musik saat ini sangat dipengaruhi oleh kehadiran media sosial. Seperti TikTok dan YouTube yang sering diakses oleh masyarakat, terutama generasi muda.

"Tren tersebut dipengaruhi oleh begitu mudahnya mengekspos musik melalui medium internet seperti TikTok dan YouTube," ujar Aldo.

Selain media sosial, platform musik digital juga punya peran penting membentuk tren musik di masyarakat. Medium ini sangat membantu karya para musisi dieksplor oleh para peminatnya.

"Platform musik digital dengan Kampanye Playlist membuka gairah mengeksplorasi musik sampai ke non metro market," kata Aldo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini