Share

Ivan Gunawan Adopsi Spirit Doll, Five V: Perbuatan Syirik, Haram!

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Selasa 04 Januari 2022 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 04 33 2527156 ivan-gunawan-adopsi-spirit-doll-five-v-perbuatan-syirik-haram-keJheBylu3.jpg Ivan Gunawan. (Foto: Instagram/@ivan_gunawan)

JAKARTA - Ivan Gunawan menuai pro dan kontra saat mengadopsi boneka berwujud bayi manusia yang dinamainya Miracle Putra Gunawan. Tak hanya masyarakat, sederet artis pun bersuara terkait tren tersebut. 

Komentar keras datang dari pesinetron Five Vi yang dikenal telah berhijrah dan mengenakan cadar. Lewat Instagram, dia menyebut, tren mengadopsi spirit idol adalah perbuatan syirik. 

Five Vi. (Foto: Instagram/@five_vrachmawati)

“Kesyirikan yang sedang viral, maraknya fenomena adopsi spirit doll (boneka arwah) > baca ‘boneka berisi jin’,” ujarnya dalam unggahan tersebut seperti dikutip, pada Selasa (4/1/2022).

Bintang film Sule Detektif Tokek tersebut kemudian menjabarkan beberapa poin terkait fenomena adopsi boneka. Dia juga menyoroti kebiasaan pemilik yang memperlakukan boneka arwah tersebut sebagai anak. 

“Orang yang membelinya, harus memberikan perhatian ekstra, seperti memberikan makan dan minum, menunjukkan kasih sayang, dan mengajaknya ngobrol,” tutur sang aktris menambahkan.

Baca juga: Tak Hanya Ivan Gunawan, Sederet Artis Ini Juga Anggap Boneka Sebagai Anaknya

Boneka arwah, menurut Five Vi, diyakini bisa menjadikan pemiliknya mendapat keberuntungan dan menyelamatkannya dari bahaya. “Melihat hakekat ini, maka hukum ‘boneka arwah’ ini adalah HARAM!” 

Meski ramai dikritik sebagai perbuatan syrik, namun Ivan Gunawan menegaskan, bonekanya itu tidak tidak berhubungan dengan iblis ataupun jin. Dia juga memastikan bahwa boneka miliknya tak terkait dengan dunia hitam. 

Ivan Gunawan. (Foto: YouTube/Boy William)

“Aku mau bilang sekali lagi bahwa anak saya bukan anak setan. Enggak ada urusannya sama iblis, sama jin, dan segala macam. Setiap orang punya cara untuk memperlakukan sesuatu yang dia suka dan sayangi,” tuturnya. 

Ivan Gunawan dalam tambahkan keterangannya mengatakan, “(Seperti saya) mungkin ada juga orang yang suka ngobrol sama mobilnya atau motor mereka. Jadi mungkin, yang gila bukan cuma saya ya.”*

Baca juga: Arsy Kecelakaan, Jatuh dari Wahana Permainan Ekstrem hingga Pipi Luka

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini