Guillermo del Toro Garap Film Pinokio Berlatar Kisah Kelam Fasisme Italia

Andaru Danurdana, Jurnalis · Rabu 05 Januari 2022 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 04 206 2527395 guillermo-del-toro-garap-film-pinokio-berlatar-kisah-kelam-fasisme-italia-Mjbj0s7s3y.jpg Pinokio versi Guillermo Del Toro (Foto: Netflix/IMDB)

JAKARTA – Sejak dipopulerkan Disney pada tahun 1940 silam, tokoh Pinokio sudah menjadi boneka anak laki-laki yang tenar dan diadaptasi dalam berbagai film serta serial televisi. Kini, sutradara Guillermo del Toro pun juga tertarik menggarap kisah Pinokio dengan pelintiran uniknya sendiri; latar waktu era fasisme Italia.

Sudah berada dalam tahap pengembangan sejak tahun 2008, proyek film dengan gaya stop-motion ini kerap mati suri karena dianggap tak punya pasar di layar lebar. Untungnya, dengan melejitnya layanan streaming dalam beberapa tahun ini, proyek film Pinokio berhasil diakuisisi dan didanai oleh Netflix sejak tahun tahun 2018 lalu.

Baca Juga:

Susul Tom Hanks, Luke Evans Gabung Film Pinocchio

 

Anya Geraldine Pakai Bikini Warna Hijau, Arief Muhammad: Jangan ke Pantai Selatan

Pinokio versi Guillermo del Toro


Kini akhirnya memasuki tahun penayangan, Guillermo pun membagikan beberapa detil cerita penting tentang kisah Pinokio buatannya. Satu hal yang membuat film Pinokio versi Guillermo unik adalah latar ceritanya; alih-alih mengambil latar tempat di dunia fantasi, film ini berlatar di Italia pada era fasisme Benito Mussolini.

“Kisah Pinokio-ku akan berlatarkan berdirinya fasisme Mussolini di Italia,” ucap sang sutradara, “kisah Pinokio mengangkat tema kemanusiaan; apa yang membuat manusia menjadi manusia, dan apa yang membuat manusia bisa merasa seperti boneka.”

Dalam beberapa tahun ini, Guillermo del Toro sudah berhasil menjalin relasi yang sangat baik dengan Netflix lewat beberapa kolaborasi mereka; serial Trollhunters, 3Below, dan Wizards. Munculnya film Pinokio stop-motion ini pun menandakan masih banyaknya proyek Guillermo yang akan diproduksi oleh Netflix di masa depan; seaneh apapun itu.

Sudah mulai proses produksi sejak 2019 silam, film ini akan diisi suara oleh Gregory Mann sebagai sang tokoh titular, Ewan McGregor sebagai si Jangkrik, dan Ron Perlman sebagai tokoh antagonis bernama Mangiafuoco. Pinokio versi Guillermo juga akan diramaikan suara aktor-aktor kawakan sekelas Tilda Swinton, Cate Blanchett, dan Finn Wolfhard.

Pinokio versi Guillermo direncanakan tayang akhir 2022.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini