Share

Doddy Sudrajat dan Faisal Rebutan Gala, Ceramah Oki Setiana Dewi Singgung Hak Asuh Anak Yatim Viral

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 06:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 33 2512927 doddy-sudrajat-dan-faisal-rebutan-gala-ceramah-oki-setiana-dewi-singgung-hak-asuh-anak-yatim-viral-3bdKUSwr1Q.jpg Oki Setiana Dewi. (Foto: Instagram)

FAISAL tengah memperjuangkan hak asuh Gala Sky hingga memutuskan untuk mengajukan gugatan ke pengadilan terhadap Doddy Sudrajat. Di sisi lain, ceramah Oki Setiana Dewi tentang hak asuh anak yatim seketika viral. 

Oki Setiana Dewi yang kerap dikenal sebagai ustazah, sempat membeberkan pandangan hukum Islam mengenai pembagian hak asuh dan warisan dalam salah satu acara di stasiun televisi. Kakak Ria Ricis ini mengatakan bahwa hak asuh tersebut akan jatuh kepada keluarga pihak laki-laki.

"Iya, untuk hak asuh, diserahkan kepada kakek dari pihak laki-laki, ayah dari pihak laki-laki berarti ya, berarti kakeknya dari pihak laki-laki," kata Oki Setiana Dewi dalam salah satu program televisi, dikutip MNC Portal Indonesia pada Senin (6/12/2021).

Terkait pembagian harta waris, Oki mengatakan bahwa ketika seorang wanita meninggal dunia, harta tersebut dipastikan milik sanak keluarga dan juga anaknya. Begitupun kepada pria, harta warisan tersebut akan jatuh kepada keluarga dan juga anaknya.

"Nah kalau untuk pembagian harta waris, kalau wanitanya meninggal dunia yang pastinya ada hak untuk orangtuanya dan juga untuk anaknya, pasti. Kemudian untuk yang laki-laki, ketika laki-lakinya meninggal dunia ada untuk orangtuanya dan juga untuk anaknya juga," terangnya.

Lebih lanjut, Oki Setiana Dewi mengatakan bahwa hukum waris ini sudah dijelaskan dalam Surat An-Nisa ayat 11, 12 dan 13. Dia pun berharap agar semua umat Muslim bisa membagikan warisan tersebut secara adil sesuai dengan hukum Islam.

"Jadi nanti itu teman-teman lihat itu ada dalam Surah An-nisa ayat ke 11, 12, 13 mengenai hukum waris. Jadi ya mudah-mudahan kita jadi orang-orang yang apa ya, yang mengikuti perintah-perintah Allah SWT dalam bagian waris secara adil, nanti masalah waris dibagikan ke siapa-siapa itu kembali kepada masing-masing (ahli waris)," pungkas Oki Setiana Dewi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini