Share

Hampir Meninggal, Begini Kronologi Chicco Jerikho Berjuang Lawan Sepsis

Siska Permata Sari, Okezone · Rabu 01 Desember 2021 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 33 2510404 hampir-meninggal-begini-kronologi-chicco-jerikho-berjuang-lawan-sepsis-FsRYVFOk2Y.jpg Chicco Jerikho berjuang lawan sepsis (Foto: IG Chicco)

JAKARTA - Chicco Jerikho rupanya sempat divonis mengalami penyakit mematikan. Penyakit tersebut sempat membuatnya kritis dan terbaring di rumah sakit hingga ditangani oleh tiga dokter spesialis.

Penyakit yang diderita Chicco Jerikho itu yakni sepsis, sebuah komplikasi infeksi yang dapat mengancam jiwa. Suami Putri Marino ini pun baru-baru ini menceritakan kisahnya selamat dari sepsis kepada Daniel Mananta.

Baca Juga:

Chicco Jerikho Beri Hadiah Minum Kopi Gratis untuk Greysia Polii dan Apriyani Rahayu Seumur Hidup

Chicco Jerikho Tiba-Tiba Siapkan Wasiat untuk Putrinya Surinala, Ada Apa?

Chicco Jerikho

“Apa yang gue alamin bulan kemarin, di bulan September. Gue ngerasa gue sehat-sehat aja, gue olahraga, gue bangun pagi, gue masih ngelakuin ritual gue, gue syuting. Selesai syuting, gue ngerasa tiba-tiba gue sakit aneh, dilarikan ke rumah sakit,” kata Chicco Jerikho dikutip dari kanal YouTube Daniel Mananta Network, Rabu (1/12/2021).

Saat tiba di rumah sakit, betapa kagetnya Chicco saat mengetahui bahwa tensi darahnya rendah yakni 60/40. Tak hanya itu, heart rate-nya pun hingga di bawah 50. “I can’t feel my legs. Dingin banget kaki gue kayak diobservasi kanan-kiri sampai akhirnya gue dipindahin ke ruangan HCU,” ujarnya.

Lantaran heart rate dan tensi darah yang terlalu rendah, aktor 37 tahun ini bahkan mengaku harus dibantu alat-alat medis agar tetap bertahan. “Tiga hari gue diobservasi. Saat itu gue udah ngerasa yang enggak-enggak, napas (juga) gue susah,” kata Chicco.

Dia sempat berpikir bahwa penyakit yang dialaminya adalah Covid-19. Namun setelah melakukan tes PCR berkali-kali, hasilnya selalu negatif. Ternyata, penyakit yang dideritanya adalah sepsis.

“Dokter bilang, katanya ada sepsis, infeksi, dan itu sangat berbahaya. Begitu gue sembuh dan pindah dari ruang HCU, dokter bilang, beruntung lah (gue) bisa survive, dikasih kesempatan. Padahal kondisinya tuh udah benar-benar buruk,” kisah dia.

Di kesempatan yang sama, Chicco juga mengenang masa-masa kritisnya ketika dia sudah bicara melantur dan hampir menyerah. “Saat gue lagi sesak, gue udah ngawang-ngawang tuh. Udah dingin kaki di rumah, melihat orang udah gelap, gue ditampar-tampar, dan pas dibilang ‘ingat Suri (anaknya), itu gue melek lagi,” ungkap Chicco.

“Saat dibawa ke rumah sakit, itu gue udah sadar enggak sadar. Katanya sih gue udah ngomong yang enggak-enggak. Tolong jagain Suri ya, jangan bilang Putri gue sakit, Putri lagi syuting soalnya, kasihan nanti kepikiran. Gue juga udah pamit, gue kayaknya enggak kuat deh, gue mau pulang,” sambung dia.

Sempat mengira dirinya akan meninggal dunia, Chicco merasa bersyukur karena berhasil selamat. Sambil menangis, pemain film Filosofi Kopi ini terharu karena Tuhan masih memberikannya kesempatan kedua untuk hidup.

“Gue mau melihat anak gue gede. Gue dikasih kekuatan lagi, gue ngerasa ngedapetin kesempatan kedua,” ujar Chicco. “(Mungkin) belum waktunya, tugas gue di sini masih belum selesai,” tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini