Share

Kang Daniel Kalah Gugatan Lawan Komunitas Online

Dewi Aspara, Jurnalis · Selasa 02 November 2021 17:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 02 33 2495628 kang-daniel-kalah-gugatan-lawan-komunitas-online-kJ5p2jSo0P.jpeg Kang Daniel (Foto: Soompi)

SEOUL- Kang Daniel dinyatakan kalah dalam gugatan yang diajukannya terhadap komunitas online Korsel, DC Inside. Penyanyi 24 tahun tersebut diketahui telah menggugat komunitas tersebut perihal pencemaran nama baik.

Melansir laman Soompi (2/11/2021), Pengadilan Distrik Pusat Seoul telah mengeluarkan pernyataan jika tuntutan tersebut dapat melemahkan kebebasan berekspresi di internet. Dilain hal, jika memang terjadi pencemaran nama baik DC Inside memiliki tanggung jawab penuh untuk itu.

Kang Daniel

BACA JUGA:

- Rizky Billar Ungkap Chat Pertamanya dengan Lesti Kejora, Isinya Bikin Gemas

- Ed Sheeran Artis Muda Terkaya di Inggris, Harry Styles Nomor 2

"Sulit untuk menyimpulkan bahwa satu-satunya cara untuk mencegah pelanggaran privasi Kang Daniel adalah dengan menutup Galeri ini." Kata pihak Pengadilan Seoul.

Mereka juga menambahkan ketika DC Inside menerima laporan terkait, pihaknya langsung menghapus postingan tersebut sehingga tidak ada bukti yang cukup kuat untuk menggugat komunitas online tersebut.

Pada 2019 silam, pengacara Kang Daniel telah merilis pernyataan mereka telah mengajukan gugatan kepada Pengadilan Distrik Pusat Seoul untuk meminta penutupan komunitas Produce 101 Season 2 (dikenal sebagai Galeri).

Mereka menjelaskan bahwa ada jutaan unggahan di Galeri yang bersifat informasi pribadi, rumor palsu, hingga fitnah yang tidak mengenakkan sang idola. Bahkan kerap kali unggahan tersebut telah melampaui batas kebebasan berekspresi yang normal.

Hal tersebut muncul pada acara Produce 101 season 2 setiap harinya, yang merupakan acara jebolan Kang Daniel dengan grup musik Wanna One. Pihak Kang Daniel pun meminta agar DC Inside ditutup, setidaknya diberi kompensasi.

DC Inside kemudian mengeluarkan pernyataan di mana mereka menyesali adanya tuntutan tersebut. Forum internet itu menyatakan tuntutan tersebut tidak memiliki dasar hukum dan setiap unggahan yang dipublikasikan telah melalui proses pemantauan terlebih dahulu.

Lalu belum ada 24 jam dari petisi tersebut, manajer DC Inside telah memutuskan aturan untuk menghapus dan melakukan penangguhan ketika ada unggahan yang bermasalah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini