Usai 7 Tahun Berkarya, Laleilmanino Eksplorasi Musik dari Cirebon hingga Bali

Lintang Tribuana, Jurnalis · Kamis 28 Oktober 2021 03:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 28 205 2492886 usai-7-tahun-berkarya-laleilmanino-eksplorasi-musik-dari-cirebon-hingga-bali-h3Q9cNcxhf.jpg Laleilmanino (Foto: Lintang/Okezone)

JAKARTA - Trio produser Laleilmanino yang terdiri dari Anindyo Baskoro (Nino RAN), Arya Aditya Ramadhya (Lale) dan Ilman Ibrahim, telah 7 tahun berkarya dan membuahkan 100 karya lagu.

Di tengah perjalanan karier yang cemerlang, Laleilmanino ternyata sempat merasakan buntu ketika mencari inspirasi. "Sudah 7 tahun mau ngapain lagi ya?," ujar Nino di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

Baca Juga:

Kolaborasi 3 Finalis Indonesian Idol dengan Laleilmanino & The Super Girls

2 Kejutan dari Tiara Andini dalam Single Hadapi Berdua

Laleilmanino

Ketika buntu dengan ide, mereka akhirnya memutuskan melakukan perjalanan ke 4 kota, yakni Cirebon, Yogyakarta, Bali, dan kembali lagi ke Jakarta. Ide perjalanan ini merupakan bentuk kolaborasi mereka dengan platform musik digital Joox.

"Waktu stuck, kita mikirnya selalu harus ke tempat jauh (luar negeri), padahal yang dekat juga banyak yang bisa jadi inspirasi kita," ujar Nino.

Laleilmanino dibantu Swara Gembira sebagai penasihat budaya, mengunjungi pagelaran kesenian lokal di 4 kota tersebut. Perjalanan itu pun menjadi ajang mereka mengeksplorasi diri hingga menghasilkan 4 lagu.

Untuk membawakan 4 lagu yang mengandung unsur budaya lokal ini, Laleilmanino mengajak empat musisi muda Tanah Air dari genre berbeda untuk berkolaborasi. Mereka adalah Baila Fauri, Diskoria Selekta, HIVI!, dan Rizky Febian.

Cerita perjalanan Laleilmanino bersama kolaboratornya menemukan inspirasi dari lagu tersebut juga didokumentasikan secara apik dalam dokumenter bertajuk SVARA dengan 5 episode yang digarap oleh Visinema Content.

Dengan karyanya ini, Laleilmanino ingin mengangkat kebudayaan Indonesia dan memperkenalkannya kepada generasi muda. Mereka pun percaya bahwa unsur budaya lokal juga bisa sukses jika dipadukan dengan musik populer.

"Sejak perjalanan ini, kita jadi makin sadar bahwa bukan tidak mungkin unsur budaya bisa masuk ke ranah musik populer," kata Nino.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini