Ayah Taqy Malik Dipolisikan Sunan Kalijaga, Ada Apa?

Ravie Wardani, Jurnalis · Minggu 17 Oktober 2021 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 17 33 2487650 ayah-taqy-malik-dipolisikan-sunan-kalijaga-ada-apa-JILr1PoUuT.jpg Sunan Kalijaga. (Foto: Instagram)

MUHAMMAD Fayyadh mantan pengacara Mansyardin Malik resmi melaporkan ayah Taqy Malik itu ke polisi. Ia menggandeng jajaran advokat dari berbagai Lembaga Bantuan Hukum (LBH), termasuk pengacara kondang Sunan Kalijaga kabarnya juga merapat ke barisan pihak pelapor.

Mansyardin Malik dilaporkan ke Polda Metro Jaya, 16 Oktober 2021 lalu. M Fayyadh selaku pelapor, turut menggandeng puluhan rekan sejawatnya di bidang advokat.

Sunan Kalijaga pun tak ketinggalan berada di jajaran kubu M Fayyadh dalam mengawal kasus tersebut.

Baca Juga: Kasus Marlina Octoria Belum Beres, Mantan Pengacara Disebut Dzolim Gegara Mansyardin Malik

"Saya melihat, ada pernyataan yang diduga dilakukan bapak MM ini, yang sangat menyinggung atau merendahkan profesi advokad," kata Sunan Kalijaga saat ditemui awak media, Minggu (17/10/2021).

"Saat itu dia menyatakan bahwa rekan saya, mas Fayyadh ketua tim kuasa hukum, dia bilang katanya mas Fayyadh ini mengemis-ngemis untuk mendapat kuasa atau menangani perkara," imbuhnya.

Sunan mengaku tujuannya mengawal M Fayyadh atas laporan tersebut sebagai bentuk solidaritas rekan seprofesi. Ia juga menjelaskan, sikap tersebut diatur dalam UU pasal 8 terkait profesi pengacara yang wajib menjaga kesolidan antar advokad diluar perkara hukum.

Rupanya, Sunan menyoroti pernyataan Mansyardin Malik. Diketahui, mantan suami Marlina Octoria Kawuwung ini menuding rekannya mengemis kasus untuk ditangani langsung oleh M Fayyadh.

Lantaran itu, Sunan mantap mengawal pelaporan kasus tersebut.

"Saya melihat ada satu ketidakpantasan dalam menggunakan jasa hukum (advokad) untuk mendampingi persoalan hukum yang dia hadapi," kata Sunan.

Sunan juga mengecam pernyataan MM beberapa waktu lalu. Ia menilai MM telah mencemarkan nama baik profesi advokat. Ia juga mendesak agar MM mengucapkan permohonan maaf di hadapan publik dalam waktu dekat.

"Saya mengecam keras, berharap bapak MM segera minta maaf. Karena kami semua hadir disini perwakilan organisasi advokad LBH yang ikut merasa tersinggung," ucapnya.

Seperti diketahui, M Fayydh dan Sunan Kalijaga merupakan rekan satu profesi selaku penasehat hukum. Meski demikian, keduanya sempat menjadi rival dalam prahara rumah tangga Mansyardin Malik dan Marlina Octoria atas dugaan kasus KDRT.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini