Dokter: Pendarahan Otak Tukul Arwana Berawal dari Hipertensi

Lintang Tribuana, Jurnalis · Selasa 28 September 2021 10:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 28 33 2477923 dokter-pendarahan-otak-tukul-arwana-berawal-dari-hipertensi-1SgMNrMJE5.jpg Pendarahan otak Tukul Arwana bermula dari hipertensi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Tim dokter Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON) akhirnya buka suara mengenai kondisi komedian Tukul Arwana. Sebelum mengalami pendarahan otak, pria 57 tahun itu mengalami hipertensi.

“Sebenarnya, kondisi pasien kami terima dalam kondisi hipertensi. Terdeteksi di IGD, tensinya mencapai 200,” ujar Sardiana, dokter yang menangani sang komedian dalam konferensi pers virtual, pada 27 September 2021. 

Tukul Arwana. (Foto: Okezone)

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, dokter menyimpulkan bahwa hipertensi yang dialami Tukul membuat dia mengalami pendarahan di otak. Kondisi itu juga membuatnya mengalami penurunan kesadaran. 

“Kemungkinan besar, pendarahan itu merupakan respons spontan karena hipertensi. Setelah mengevaluasi kondisinya, kami memutuskan segera melakukan operasi,” kata dokter Ricky Gustanto Kurniawan. 

Sejak menjalani operasi pada 22 September lalu, Tukul Arwana masih menjalani perawatan intensif di RS PON dan dipantau ketat oleh tim dokter. Kondisinya disebut sudah mulai membaik saat ini.*

Baca juga:

Usai Operasi, Tukul Arwana Akan Jalani Fisioterapi

Paman Bongkar Bukti CCTV Dhena Devanka Hajar Jonathan Frizzy

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini