Idap Kanker Ganas dan Sangat Langka, Limpa Ari Lasso Terpaksa Diangkat

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Rabu 08 September 2021 17:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 08 33 2468249 idap-kanker-ganas-dan-sangat-langka-limpa-ari-lasso-terpaksa-diangkat-U2ciMNj21N.jpg Ari Lasso (Foto: IG Ari Lasso)

JAKARTA - Ari Lasso menjadi bintang tamu dalam Podcast milik Deddy Corbuzier. Dalam kesempatan tersebut, mantan vokalis Dewa 19 itu mengungkapkan bahwa dirinya terserang kanker jenis langka, yakni Diffuse Large B-cell Lymphoma.

Kepada Deddy, pelantun Rahasia Perempuan ini mengatakan bahwa dirinya baru-baru ini merasakan sakit pada bagian rusuk kirinya hingga menembus hampir ke seluruh badannya. Bahkan untuk mengatasi hal itu, ia sempat meminta untuk dikerok, meski setelahnya pria 48 tahun ini merasa semakin tidak enak badan.

Baca Juga:

Mengenal Kanker Limpa, Penyakit yang Diidap Ari Lasso

Divonis Kena Kanker Langka, Ari Lasso Harus Jalani Kemoterapi

Ari Lasso


Pada 4 Agustus, ia mengaku sengaja membatalkan syuting video klip lantaran merasakan sakit yang cukup parah. Ia bahkan mengaku khawatir bahwa empedu atau livernya yang terkena masalah, akibat setiap malam dirinya selalu mengkonsumsi alkohol.

Saat bertanya, pihak dokter pun membantah hal itu. Mereka justru meminta suami dari Vita Dessy ini untuk melakukan scan abdomen dan berharap jika rasa sakit yang ia alami merupakan sisa dari infeksi di limpa usai Ari Lasso terpapar Covid-19 kemarin.

"(Dokter) Belum (berpikir cancer), dokter berpikir ada sebuah infeksi atau cairan besar, yang dicitrakan USG di bawah lambung gue. Mungkin infeksi yang tersisa di limpa," ungkap Ari Lasso pada Deddy Corbuzier.

"Jumat gue harusnya manggung, akhirnya digantiin Padi. Jumat malam hasilnya keluar, hasilnya berharap hal yang baik, infeksilah. Ternyata, massa padat. Tumor, tempatnya di limpa," lanjutnya.

Singkat cerita, bapak lima anak ini mengatakan bahwa dokter harus mengambil tindakan terkait hal tersebut, yakni dengan mengangkat limpa dari tubuhnya melalui operasi besar. Hal tersebut terjadi lantaran Ari Lasso mengalami pendarahan hebat hingga membutuhkan transfusi darah.

"Minggu depannya ke dokter bedah, laparoskopi, dia bikin tiga skenario, diteliti banget. Satu, angkat atau sedot tumornya aja pakai laparoskopi, kedua, limpanya diambil semua tapi dengan laparoskopi, ketiga kalau tidak tertolong dan operasinya sulit, bedah total," jelasnya.

"Yang terjadi adalah yang ketiga, soalnya pendarahan berat di jam ke 4 waktu di laparoskopi," tambahnya.

Hingga di suatu malam usai operasi, Ari Lasso dan istri membahas terkait hasil operasi yang dilakukannya tadi. Dari sanalah Ari meyakini bahwa ada tumor ganas yang menyerang limpanya.

"Di tengah malam itu ditunjukin sama bini gue, 'Ini pa hasil operasinya'. Jadi tumornya dua kali lipat besarnya limpa, gede banget. Ketika dibelek, cancer, kayak brokoli selnya kalau dibelah. Gue tahu dari bentuknya. Dokter belum bilang, tapi gue sama bini gue udah tebak ini cancer, ganas," bebernya.

Keesokan harinya, Ari pun menanyakan kebenaran firasatnya pada dokter. Hingga akhirnya hasil dari patologi keluar dan dirinya dinyatakan mengidap kanker ganas, Diffuse Large B-cell Lymphoma.

"Saat itu belum ada kepastian dari dokter. Besoknya dokter datang sore, gue tanya, 'Gimana dok menurut pengamatan mata dokter sebelum hasil patologi keluar?' dijawab, ini sih ganas punya. Hasil patologi keluar 6 hari kemudian, iya gue cancer dan cancernya sangat langka," tandasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini