Seungri Resmi Ajukan Banding atas Putusan 3 Tahun Penjara

Lintang Tribuana, Jurnalis · Sabtu 28 Agustus 2021 12:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 28 33 2462528 seungri-resmi-ajukan-banding-atas-putusan-3-tahun-penjara-E7Ccl9KwwO.jpg Seungri resmi ajukan banding atas putusan 3 tahun penjara yang diterimanya pada 12 Agustus silam. (Foto: News1)

SEOUL - Seungri dan kejaksaan resmi mengajukan banding atas vonis 3 tahun penjara yang diputus Pengadilan Militer, pada 12 Agustus silam. Hal itu diumumkan Pengadilan Militer Umum, pada 27 Agustus 2021.

Seungri, menurut News1, mendaftarkan banding pada 19 Agustus 2021, setelah kuasa hukumnya mendeklarasikan akan naik banding setelah vonis dibacakan. Sementara kejaksaan melayangkan banding pada 25 Agustus 2021.

Seungri resmi ajukan banding atas putusan 3 tahun penjara. (Foto: News1)

Undang-Undang Pengadilan Militer mengatur, terdakwa atau otoritas terkait bisa mengajukan banding dalam waktu 10 hari setelah vonis diumumkan. Jika tidak, maka terdakwa akan menjalani hukumannya sesuai dengan vonis pengadilan.

Karena Seungri mendaftarkan banding sebelum menyelesaikan tugas wajib militer, maka sidang akan digelar di Pengadilan Tinggi Militer, di Yongsan, Seoul, Korea Selatan. Dia juga kembali melanjutkan wamil hingga 16 September mendatang.

Sebaliknya, jika kuasa hukum tidak melayangkan banding, maka Seungri seharusnya sudah dipindahkan ke divisi Tenaga Kerja Militer untuk selanjutnya menjalankan masa tahanan sesuai Undang-Undang Wajib Militer Pasal 137.

Baca juga: Seungri Divonis 3 Tahun Penjara dan Denda Rp14 Miliar

Pengadilan Militer memutus bersalah Seungri atas sembilan tuntutan, pada 12 Agustus silam. Hakim menjatuhkan hukuman penjara selama 3 tahun dan denda sebesar KRW1,15 miliar atau setara Rp14,25 miliar.

Seungri resmi ajukan banding atas putusan 3 tahun penjara. (Foto: Xports News)

Sembilan tuntutan yang disangkakan padanya adalah pelanggaran sanitasi makanan, penggelapan dana, kejahatan seksual, judi, transaksi mata uang asing, penyediaan jasa prostitusi, menikmati layanan prostitusi, menghasut dengan kekerasan, hingga kejahatan ekonomi khusus.

Akibat putusan tersebut, Seungri kini masuk dalam daftar nasional pelaku pelanggaran kejahatan seksual.*

Baca juga: Epy Kusnandar Dikabarkan Pindah Agama, Istri Buka Suara

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini