Share

Seungri Divonis 3 Tahun Penjara dan Denda Rp14 Miliar

Siska Maria Eviline, Jurnalis · Kamis 12 Agustus 2021 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 33 2454652 seungri-divonis-3-tahun-penjara-dan-denda-rp14-miliar-OCmgw9gPX7.jpg Seungri divonis penjara 3 tahun atas 9 dakwaan. (Foto: ARENA)

SEOUL - Proses panjang persidangan Lee Seung Hyun alias Seungri akhirnya usai sudah. Pada 12 Agustus 2021, Pengadilan Militer Korea Selatan memvonis mantan idol K-Pop tersebut dengan hukuman penjara selama 3 tahun.

Hukuman itu, lebih rendah dari tuntutan jaksa sebelumnya yang mencapai 5 tahun penjara. Vonis tersebut merupakan hukuman atas sembilan dakwaan yang disangkakan padanya: pelanggaran terhadap undang-undang kejahatan ekonomi khusus, sanitasi makanan, hingga penggelapan dana.

Seungri. (Foto: Xsport News)

Enam pelanggaran lainnya adalah kejahatan seksual, judi, transaksi mata uang asing, mediasi prostitusi, menikmati layanan prostitusi, hingga kasus kekerasan. Selain hukuman penjara, Seungri juga harus membayar denda sebesar KRW1,15 miliar atau setara dengan Rp14,27 miliar. 

Mengutip Xports News, Kamis (12/8/2021), informasi pribadi Seungri akan terdaftar sebagai pelaku pelanggaran kejahatan seksual. “Terdakwa berkonspirasi dengan Yoo In Suk untuk menyediakan jasa prostitusi untuk rekan bisnis mereka dan mendapatkan untung dari praktik itu,” ujar hakim dalam persidangan. 

Hakim menambahkan, kejahatan Seungri yang ‘memperdagangkan’ seks memberi dampak negatif yang sangat besar bagi masyarakat. Selain itu, pria 30 tahun tersebut juga tak konsisten dalam memberi keterangannya. 

Baca juga: Seungri Dituntut 5 Tahun Penjara atas 9 Pelanggaran Hukum

Pengadilan menilai, ada perubahan dalam setiap pernyataan Seungri, dari pemeriksaan polisi, pemeriksaan di kejaksaan, hingga di pengadilan. “Dengan begitu, kami menilai, kredibilitas terdakwa sangat rendah,” tutur hakim. 

Seungri dihukum 3 tahun penjara. (Foto: News1)

Meski Seungri membantah semua dakwaan padanya, kecuali transaksi mata uang asing, namun pengadilan tetap memutus bersalah dirinya atas sembilan dakwaan tersebut. 

Menilai Seungri berpotensi untuk melarikan diri, maka pengadilan memutuskan, Seungri akan mulai ditahan mulai hari ini (12/8/2021). Dengan begitu, dia dibebaskan dari wajib militer meski masa tugasnya baru selesai pertengahan September 2021.*

Baca juga: Salmafina Unggah Foto Masa Kecil, sang Ibu Dikira Ariel Tatum

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini