Sandiaga Uno Apresiasi Gerakan Gotong Royong Pelaku Hiburan

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 20 Agustus 2021 01:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 19 205 2458186 sandiaga-uno-apresiasi-gerakan-gotong-royong-pelaku-hiburan-GFrY1SjHZ2.JPG Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Kemenparekraf)

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendukung dan mengapresiasi mereka yang menggalang solidaritas bagi pekerja dunia hiburan. Hal ini ia sampakain dalam jumpa pers dengan platform kolaborasi industri hiburan di Indonesia Eventori.

Bekerja sama dengan Ikatan Manajer Artis Indonesia (IMARINDO), menggagas gerakan #CintaKitaBersama yang terbuka bagi seluruh anggota masyarakat di Tanah Air.

Baca Juga:

Festival Taliwang Digelar 20 November, Sandiaga Undang UNICEF

Sandiaga Berharap Mahasiswa Poltekpar Lombok Bisa Kelola Mandalika

Gerakan Cinta Kita Bersama


Lebih lanjut, cara berpartisipasi gerakan tersebut juga cukup mudah, yakni dengan menonton video musik berjudul "Kita Bersama" yang dibawakan oleh penyanyi berusia belia dari Bali, Cinta Wirawan, Eventori dan Imarindo akan mengonversi view di YouTube menjadi sejumlah rupiah yang akan dibagikan ke para pekerja industri hiburan.

"Terasa betul ide ini genuine, datang dari pengamatan seorang anak belasan tahun yang baru masuk di industri hiburan," kata Sandiaga dalam Virtual Press Conference Peluncuran Gerakan, Kamis (19/8/21).

Hali ini sekaligus membuktikan bahwa solidaritas atau gotong royong kita dalam menghadapi situasi penuh tantangan ini bisa datang dari siapa saja. Ia melanjutkan, pada 2019 sektor industri kreatif telah menyerap sekitar 17 juta tenaga kerja, dan sekaligus memberi kontribusi ekonomi senilai Rp1,105 triliun terhadap PDB Indonesia.

Menurut Sandiaga, angka tersebut diketahui setelah pandemi. Serta sebagian dari angka kinerja tersebut disumbang oleh sektor industri hiburan.

Kemudian hal ini membuat Menparekraf terus mendukung dan mengapresiasi para pelaku hiburan tetap berkarya, meski di tengah keterbatasan.

"Harapan saya, dengan posisi strategis pelaku industri hiburan di masyarakat," terangnya.

Ide awal gerakan ini berdasarkan keluh kesah Cinta Wirawan, penyanyi asal Bali yang merasakan dampak pandemi Covid-19.

“Ide awalnya datang dari Cinta. Dia talent Eventori yang tinggal di Bali. Dia sedih dan resah melihat Pulau Dewata yang sepi akibat pandemi. Dia melihat sendiri ayahnya, seorang wedding organizer yang sepi job dan harus berjuang dengan segala cara untuk mempertahankan kondisi ekonomi keluarga. Dia diskusi dengan kami dan dari diskusi itu lahirlah ide gerakan ini,” papar Rio Abdurrachman, CEO Eventori.

Cinta sebelumnya sudah berkolaborasi dengan Eventori melalui singgel “Sakit Bila Dipendam” karya Denny Chasmala. Cinta adalah pemenang #DiRumahAjaChallenge2, program pencarian bakat yang diselenggarakan Eventori pada awal masa pandemi tahun

2020.

“Awalnya aku curhat sama kakak-kakakku. Kebetulan aku sama Eventori sedang mau bikin remake single ‘Sakit Bila Dipendam’. Aku cerita soal Bali yang sepi. Aku sedih. Ingin berbuat sesuatu. Aku punya ide tentang bikin lagu tapi belum tahu harus bagaimana. Aku seneng banget akhirnya bisa jadi gerakan seperti ini,” ujar Cinta

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini