Richard Lee Dijemput Paksa, Kuasa Hukum Segera Ambil Langkah Tegas

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Kamis 12 Agustus 2021 10:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 33 2454430 richard-lee-dijemput-paksa-kuasa-hukum-segera-ambil-langkah-tegas-r1KuJLItW5.jpg Kuasa hukum akan permasalahkan penjemputan paksa atas Richard Lee. (Foto: YouTube/dr. Richard Lee, MARS)

JAKARTA - Razman Arif Nasution, kuasa hukum dr Richard Lee, berencana untuk melakukan upaya hukum terkait penjemputan paksa kliennya. Pasalnya, dia mengaku, belum menerima surat pemberitahuan terkait penetapan kliennya sebagai tersangka. 

“Klien saya itu belum status tersangka. Belum ada pemberitahuan tersangka yang saya ataupun klien saya terima. Kok tiba-tiba kasih surat bilangnya tersangka? Ada tanda tangan ditkrimsus,” ujarnya dalam video konferensi pers yang diunggah di Instagram, pada 11 Agustus 2021. 

Kuasa hukum Richard Lee akan mempermasalahkan penjemputan paksa kliennya. (Foto: YouTube/dr. Richard Lee, MARS)

Razman menambahkan, “Saya belum pernah terima langsung surat kuning itu. Putihnya mana? Kan yang putih itu pemberitahuan. Kalau klien saya dianggap melakukan kejahatan, atau melanggar apa yang sudah disita oleh kepolisian, panggillah dia baik-baik.” 

Karena itu, dia akan melakukan langkah hukum terkait penangkapan paksa kliennya. “Pak Kapolri bagaimana? Seorang penyidik tidak memberi tahu mereka lewat jalur darat atau udara dan tidak boleh didampingi oleh kuasa hukum. Saya tidak tahu dia di mana sekarang,” tuturnya. 

Apalagi menurut Razman, kondisi fisik kliennya tidak sedang baik, karena ada masalah dengan pinggangnya. “Kalau terjadi apa-apa pada dia, saya akan tuntut kalian! Saya akan bawa persoalan ini sampai Kompolnas, Kapolri, Komisi III DPR RI, dan Presiden.”

Baca juga: Kronologi Penangkapan Richard Lee dan Penetapannya sebagai Tersangka 

Rencananya, Razman beserta tim dan istri Richard Lee akan menyambangi Polda Metro Jaya, hari ini (12/8/2021). Ia akan mempertanyakan, status tersangka dan sikap penyidik yang terkesan buru-buru membawa Richard tanpa pendampingan kuasa hukum.

Kuasa hukum Richard Lee akan mempermasalahkan penjemputan paksa kliennya. (Foto: YouTube/dr. Richard Lee, MARS)

"Belum ada pemberitahuan penetapan tersangka, baru ini. Di sini juga surat perintah penangkapannya tanggal 11-12 Agustus 2021. Hari ini kan 11 Agustus 2021. Katanya mau dibawa ke Polda Sumsel. Tapi enggak ada, artinya kan bohong,” ungkapnya. 

Richard Lee ditangkap secara paksa oleh pihak kepolisian Polda Metro Jaya, pada 11 Agustus 2021. Penangkapan tersebut berlangsung di kediaman pribadinya di Palembang, Sumatera Selatan.*

Baca juga: Buntut Laporan Kartika Putri, Richard Lee Resmi Jadi Tersangka 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini