Borneo Goes to Prambanan Jazz Virtual Festival 2021, Panggung untuk Para Musisi Kalimantan

Lintang Tribuana, Jurnalis · Kamis 05 Agustus 2021 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 05 205 2451434 borneo-goes-to-prambanan-jazz-virtual-festival-2021-panggung-untuk-para-musisi-kalimantan-lchMjjzfVW.jpg Prambanan Jazz Festival 2021 (Foto: Ist)

JAKARTA - Festival musik Prambanan Jazz Festival (PJF) ke-7 menyuguhkan gebrakan baru meski kembali hadir secara virtual. Penyelenggara menggelar sebuah program spesial bertajuk Borneo Goes to Prambanan Jazz Virtual Festival.

Kegiatan ini diharapkan menjadi kesempatan bagi musisi yang berdomisili di Kalimantan untuk tampil bersama musisi nasional di PJF 2021 pada 11-12 September 2021. Wilayah tersebut dinilai menyimpan musisi berkualitas tinggi yang patut diberi panggung.

Baca Juga:

Batal Digelar Hybrid, Prambanan Jazz Festival 2021 Kembali Hadir Virtual

Pandemi Tak Kunjung Usai, Prambanan Jazz Festival 2020 Digelar Virtual

Prambanan Jazz Festival 2021


"Teman-teman di daerah hanya butuh panggung. Musikalitas mereka luar biasa, hanya butuh kesempatan dan kita menciptakan kesempatan itu," kata Anas Alimi, Founder Rajawali Indonesia & CEO Prambanan Jazz dalam konferensi pers virtual, Kamis (5/8/2021).

Pendaftaran Borneo Goes to Prambanan Jazz Virtual Festival ini sudah dibuka sejak 23 Juli hingga 15 Agustus 2021 melalui website www.prambananjazz.com disertai dengan satu video (video klip/live session) serta bukti satu KTP domisili Kalimantan untuk seluruh genre musik dan jenis penampil musik (solo, duo, band, dan sejenisnya).

Peserta juga diharapkan memiliki minimal 3 karya orisinil berupa video musik atau video live. Setelah didapat maksimal 100 peserta dalam proses seleksi, penyelenggara bakal mengkurasi lagi hingga terpilih 3 yang terbaik.

Satu musisi akan dipilih oleh promotor dan dua lainnya akan melalui beberapa tahapan seleksi dan kurasi 3 juri (musisi nasional, promotor, dan tokoh musik Kalimantan). Tentu, proses penjurian bakal diselenggarakan secara virtual.

Pemenang yang terpilih tampil di PJF 2021 diharapkan bisa menampilkan 4 lagu orisinil. Mereka juga akan diikutsertakan dalam webinar berupa Bengkel Musik dan talkshow tentang industri musik.

Melalui program ini, penyelenggara berharap PJF 2021 menjadi titik penggerak festival musik Tanah Air lainnya untuk mengangkat eksistensi dan bakat para musisi di daerah.

"Mungkin ini (Borneo Goes to Prambanan Jazz Virtual Festival) bisa jadi poin untuk mencari bakat para musisi di daerah," ujar Anas Alimi.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini