Ditinggal Orangtua, Ustadz Solmed Mencoba Bangkit

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Selasa 20 Juli 2021 21:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 20 33 2443444 ditinggal-orangtua-ustadz-solmed-mencoba-bangkit-u9p6zInOAO.jpg Ustadz Solmed dan April Jasmine (Foto: IG Ustadz Solmed)

JAKARTA - Ustadz Solmed sempat tak bisa melepas kepergian orang tuanya.

"Yang bikin saya berat itu, saya terlalu sayang sama mereka, mereka juga sayang sama saya. Rasanya ditinggal orang yang kita cintai ya pasti tahu lah," ungkap Ustadz Solmed di kawasan Mampang, Jakarta baru-baru ini.

Selain itu, Ustadz Solmed juga mengaku tak sanggup menanggung duka seorang diri.

Baca Juga:

Masih Berkabung, Ustadz Solmed Tetap Berkurban

Ustadz Solmed Bingung Ibunya Ditolak Cuci Darah

Ustadz Solmed

"Saya enggak punya abang adik. Mungkin kalau ada kakak adik, kami bisa berbagi rasa duka. Bisa saling nguatin dengan duka yang sama," terangnya.

"Ya walaupun ada istri yang selalu menemani, tapi kan saya juga harus memahami dia jaga anak-anak juga," lanjut Ustadz Solmed.

Pernah dalam satu kesempatan, Ustadz Solmed memilih untuk tidak bersinggungan dengan barang-barang peninggalan orang tuanya.

"Saya punya mindset sendiri. Misal April mau bersihin kamar emak bapak, saya bilang, 'Yang, kalau kamu mau bersihin kamar emak bapak, jangan ada saya, saya enggak mau lihat'. Soalnya di mindset saya, emak bapak saya lagi tidur di sana. Kalau saya keingetan, 'Ah, lagi tidur emak bapak, enggak usah digangguin'. Itu dalam rangka memulihkan perasaan sebenarnya itu," kisah sang pendakwah.

Namun perlahan, Ustadz Solmed bisa bangkit dari kesedihan.

"Ya saya mikir, mungkin kalau emak umurnya dipanjangin, saya jadi durhaka. Kalau emak ayah umurnya panjang, dosanya jadi banyak. Jadi saya berusaha menghibur hati. Ya itu salah satu treatment selain baca Al-Quran dan dzikir," paparnya.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini