Tahu Nagita Slavina Jadi Duta PON XX, Arie Kriting Ungkap Kekecewaannya

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 03 Juni 2021 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 03 33 2419465 kritikan-arie-kriting-saat-tahu-nagita-slavina-jadi-duta-pon-xx-BkIhMXgBKP.jpg Arie Kriting. (Foto: Okezone)

ARIE Kriting kecewa lantaran Nagita Slavina ditunjuk sebagai Duta Pekan Olahraga Nasional (PON) XX. Arie menilai, hal tersebut justru mendorong terjadi apropriasi budaya.

Apropriasi budaya diketahui terjadi ketika meminjam atau mencuri budaya dari kelompok minoritas untuk kepentingan pribadi. Suami Indah Permatasari tersebut pun berharap sosok perempuan asli Papua lah yang ditunjuk.

Meskipun menurutnya sosok Nagita juga membantu untuk misi sosialisasi PON XX yang akan diadakan di Papua.

"Seharusnya sosok perempuan Papua, direpresentasikan langsung oleh perempuan Papua. Tapi kita juga menyadari bahwa kapabilitas Kak Nagita dalam membawa misi sosialisasi untuk PON XX Papua ini sangat dibutuhkan. solusi dari saya, Duta PON XX Papua harus tetap perempuan Papua," kata Arier dalam Instagram pribadinya, seperti dikutip MNC Portal Indonesia, Kamis (3/6/2021).

 Arie

Arie kemudian menawarkan beberapa sosok perempuan asli Papua yang berprestasi seperti penyanyi Nowela Elizabeth Auparay dan aktris Putri Nere.

"Menurut saya dengan kehadiran sosok Perempuan Papua sebagai Duta PON XX Papua, akan menghindarkan terjadinya Cultural Appropriation dan menjadi sinyal baik bagi pengakuan kita atas keberagaman Indonesia. Pada akhirnya nanti kesuksesan PON Papua tidak hanya tercapai secara pelaksanaan event, tetapi juga sukses menjadi perekat kesatuan bangsa

Arie kemudian menyarankan agar Raffi Ahmad dan Nagita Slavina bisa diposisikan sebagai sahabat Duta PON XX Papua karena jelas. Terlebih kekuatan mereka untuk mendorong sosialisasi PON XX Papua ini sangat dibutuhkan.

"Mari kita tunjukkan dan banggakan keberagaman kita sebagai Bangsa Indonesia. Salam sayang untuk semua," pungkasnya.

Unggahan tersebut pun mendapatkan beragam respon dari warganet. Bahkan sutradara Hanung Bramantyo pun turut mendukung pernyataan Arie. 

"Setuju banget," katanya.

Sementara itu aktris Hannah Al Rashid menambahkan emoticon "100" tanda setuju.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini