Penjelasan Chacha Frederica soal Kontroversi Foto Salat Tarawih

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Sabtu 01 Mei 2021 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 01 33 2404029 penjelasan-chacha-frederica-soal-kontroversi-foto-salat-tarawih-SlzJyz4mzb.jpg Chacha Frederica jawab kritik publik soal unggahannya. (Foto: Instagram/@chafrederica)

KENDAL - Aktris sekaligus presenter Chacha Frederica akhirnya buka suara perihal unggahannya di Instagram, pada 29 April silam. Seperti diketahui, dia membagikan foto saat menjalankan ibadah salat tarawih di Pendopo Kabupaten Kendal. 

Ada dua protes warganet terkait foto tersebut, yaitu aurat sang aktris yang terlihat saat salat dan potensi foto tersebut menjadi ajang pamer. Terkait tudingan warganet tersebut, Chacha pun merilis penjelasan panjang lewat Instagram pribadinya. 

Assalamualaikum, aduh komentar kalian (di unggahan) sebelumnya. Senyumin saja. Semoga Allah memudahkan kita menjadi manusia-manusia yang lebih lembut lagi dan bisa ‘mentraining’ pikiran kita untuk melihat sisi positif (segala sesuatu),” katanya. 

Chacha Frederica. (Foto: Instagram/@chafrederica)

Chacha Frederica menjelaskan, foto salat tarawih tersebut diambil saat dia menjalani safari Ramadan. Dan foto yang akhirnya diunggah tersebut merupakan dokumentasi dari Dinas Kominfo Kabupaten Kendal. 

Lebih jauh, ibu satu anak itu menegaskan, tak ada niat untuk pamer melalui foto tersebut. Sebaliknya, dia berharap, foto itu bisa menjadi ajang dakwah selama bulan Ramadan. 

“Lihat dong, saya tidak pernah posting foto salat selama Ramadan. Baru kali ini dan masya Allah (saya) diserang (seperti) melakukan apa saja. Bulan puasa saja begitu, apalagi enggak puasa ya?” katanya.

Baca juga: Chacha Frederica Dihujat Gara-Gara Pamer Momen Tarawih, Kenapa?

Keputusan mengunggah foto salat, diakui Chacha Frederica, karena dia begitu bahagia dan terharu bisa beribadah secara berjamaah di luar rumah. Pasalnya, tahun lalu, dia tak bisa menjalani puasa karena masih dalam masa nifas setelah melahirkan anak pertama. 

Selain tak berpuasa, pandemi COVID-19 juga menjadi penghalang baginya untuk bisa beribadah di masjid. Hal inilah yang kemudian membuat dia bersemangat karena tahun ini akhirnya bisa menjalani tarawih di luar rumah. 

Chacha Frederica. (Foto: Instagram/@chafrederica)

“Kalau kalian tidak senang melihat muslim lain senang ya sudah tidak apa-apa. Saya sharing karena saya bahagia banget. Tapi, kalau kalian berpikir saya ingin riya dengan ibadah saya, terserah. Itu urusan kalian,” tuturnya. 

Pada akhir unggahannya, Chacha Frederica meminta maaf jika unggahannya dianggap meresahkan publik. Dia juga berharap, semua orang yang melemparkan kritik kasar padanya juga mendapat maaf serupa.

Keterangan resmi sang aktris kemudian mendapat dukungan warganet. Akun Instagram @widiyantoandriyan berharap, Chacha Frederica tak menanggapi serius komentar negatif dari warganet.

Chacha Frederica. (Foto: Instagram/@chafrederica)

“Tak usah didengarkan, fokus dakwah dan mensejahterakan masyarakat Kendal saja,” tutur warganet tersebut. Komentar senada datang dari @vivi23_ndutz yang meminta sang aktris tak terlalu mengambil pusing soal ocehan warganet. 

“Justru berterima kasihlah (kepada netizen). Paling tidak, dosa Teh @chafrederica diisap oleh mereka. Shalawatin saja, semoga pada terbuka hatinya,” ungkap warganet tersebut.*

Baca juga: Vakum 2 Musim, Ahn Jae Hyun Kembali Bintangi Spin-Off New Journey to the West 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini