17 Tahun Gelar Indonesian Idol, Hary Tanoesoedibjo: Membangun Masyarakat Ekonomi Kreatif

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Selasa 27 April 2021 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 27 598 2401317 17-tahun-gelar-indonesian-idol-hary-tanoesoedibjo-membangun-masyarakat-ekonomi-kreatif-fcvKkZP35i.jpg Perhelatan indonesian Idol (Foto: MNC Media)

JAKARTA - MNC Group terus melahirkan bintang-bintang besar di industri musik Tanah Air, antara lain melalui Indonesian Idol yang diselenggarakan sejak 17 tahun lalu.

"Motivasi kami itu, bagaimana bisa membangun masyarakat kita yang punya bakat. Yang tadinya tidak punya kesempatan, akhirnya mereka bisa punya kesempatan. Dari orang yang tidak dikenal sama sekali, kemudian menjadi dikenal," ujar Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo.

Hal itu disampaikannya saat menyaksikan langsung babak Result & Super Reunion Indonesian Idol Special Season di Studio RCTI+, Jakarta, Senin malam (26/4/2021). Selain Indonesian Idol, MNC Group memiliki ajang pencarian bakat menyanyi lainnya seperti Indonesian Idol Junior, The Voice dan The Voice Kids.

Baca juga: Welcome to the Club Rimar Callista, Juara Indonesian Idol Special Season

Hary mengungkapkan, selama ini para kontestan baik pemenang maupun finalis talent search MNC Group diberikan ruang untuk terus berkembang dan eksis di tengah masyarakat. Mulai dari dibuatkan album rekaman hingga dilibatkan dalam berbagai pertunjukan musik dan konser.

"Kami manage, kami coba untuk selalu eksis. Kami berikan pekerjaan, mereka punya penghasilan, makanya kita lihat banyak idol-idol yang tetap bisa bertahan dengan baik," tutur Hary yang sudah mengajar di 186 lebih perguruan tinggi se-Indonesia itu.

Program-program talent search di bidang musik, lanjut Hary, akan terus digelar MNC Group. Pasalnya, hal itu merupakan komitmen MNC Group dalam bentuk dukungan terhadap kemajuan ekonomi kreatif Indonesia.

"Kami terus terang senang dengan acara ini, karena selain entertainment, tapi membangun masyarakat juga. Ini bagian daripada ekonomi kreatif. Jadi, nilai tambahnya sangat besar," kata Hary.

Indonesian Idol sendiri sudah digelar sejak 2004 atau 17 tahun lalu. Sempat vakum beberapa tahun, kini penyelenggaraannya sudah 11 kali. "Waktu itu saya masih Direktur Utama RCTI, sampai tahun 2008-2009. Kemudian, saya hand over ke penerus saya. Jadi, mulai 2004 sampai dengan tahun ini kan 17 tahun, itu sudah 11 kali," katanya.

Hary mengenang masa-masa awal menggelar Indonesia Idol. Kala itu, dia harus menyewa studio yang bukan dikhususkan untuk acara musik. Jadi tidak ada akustik, lighting seadanya, hanya sound system yang lumayan bagus. Tetapi seiring berjalannya waktu, kualitas produksi program unggulan ini terus membaik.

Terlebih, kini MNC Group punya Studio RCTI+, studio terbesar di Asia yang dibangun dengan teknologi termutakhir. "Setelah dibangun Studio RCTI+ yang mutakhir dengan akustik, sound system, lighting yang luar biasa, LED-nya juga bagus, otomatis mempengaruhi kualitas dari produksinya," ungkap Hary.

Seperti malam final, kemegahan panggung Indonesian Idol begitu mengagumkan. "Kalau kita lihat tadi kan luar biasa, keren sekali. Kelihatan besar dan juga suaranya kelihatan mewah," kata Hary.

Dalam result show semalam, Rimar Callista menyabet gelar juara Indonesian Idol Special Season. Mahasiswi Teknik Perminyakan Universitas Trisakti ini mengalahkan Mark Natama. "Harapan saya, kembangkan karier kalian. Dua-duanya bagus. Saya lihat finalis yang lain juga bagus," kata Hary

Suami Liliana Tanoesoedibjo itu pun berpesan kepada para pemenang dan finalis untuk membangun hubungan baik dengan talent management dari MNC Group supaya terus diekspos, diberikan panggung, supaya makin berkembang, sehingga nyanyi atau musik menjadi profesi yang tentunya positif bagi karier ke depan.

Sederet musisi papan atas Tanah Air memeriahkan ajang Result & Super Reunion Indonesian Idol Special Season. Seperti Krisdayanti, Bunga Citra Lestari, Band Ungu, Padi Reborn, Dewa 19, Mulan Jameela, Pasto Reunion dan pendatang baru yang lagi hits, Anneth. Para juri pun tak ketinggalan unjuk gigi, yakni Ari Lasso, Anang, Rossa, Judika dan Maia Estianty.

(edh)

BERITA FOTO
+ 4

Seniman dan Artis Ikuti Vaksinasi Massal di Galeri Nasional

Komedian Ari Keriting disuntik dosis pertama vaksin COVID-19.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini