Garap Film Religi, Dedy Vansophy Angkat Kisah Musholla Ambruk

Edi Hardian , Jurnalis · Minggu 25 April 2021 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 25 206 2400516 garap-film-religi-dedy-vansophy-angkat-kisah-musholla-ambruk-QnjUXYYpst.jpg Atap Padang Mahsyar (Foto: Instagram)

JAKARTA - Bulan ramadan menjadi momen bagi para sineas untuk berkarya, salah satunya sutradara Dedy Vansophy yang menggarap webseries bertema religi.

Berjudul Atap Padang Mahsyar, Dedy mengangkat kisah yang sarat akan manfaat serta pandangan masyarakat terhadap agama.

"Saya merasa cerita ini titipan dari langit supaya divisualisasi. Membawa manfaat dan pandangan baru terhadap agama," kata Dedy Vansopi, dalam keterangannya, Minggu (25/4/2021).

Series Atap Padang Mahsyar sendiri diangkat dari kisah nyata. Dedy Vansopi mengatakan Atap Padang Mahsyar menceritakan Musala Baiturrahman dan aktivitas warga yang ada di sekitar tempat ibadah tersebut.

Baca Juga:

Setahun Pandemi, Fajar Nugros Yakin Perfilman Nasional Segera Bangkit

Penampilan Perdana Keluarga Slamet, Adaptasi Film Badhaai Ho

"Kerinduan terhadap musala saya dulu di kampung namanya Baiturrahman. Itu musala buruk rupa, tetapi segala macam manusia itu ada. Menjadi rumah kedua bagi setiap orang," ujarnya.

Suatu hari, sebagian atapnya roboh. Jemaah yang ingin memperbaiki, terkendala dengan pendapatan mereka yang pas-pasan.

Jemaah musala yang punya kebiasaan mendengar ceramah radio bersama-sama, saat itu mendengar ceramah dengan topik Padang Mahsyar.

Mereka yang mendengar ceramah tersebut, menjadi cemas dan takut karena memikirkan amalnya yang kurang.

"Musala ini pada akhirnya ambruk, karena saking jeleknya. Selalu ada orang yang butuh," ujar Dedy memberi sedikit bocoran.

Sementara itu, Presiden ACT, Ibnu Hajar, mengatakan film ini dirilis bertepatan pada hari ulang tahun ACT ke-16, pada Rabu 21 April 2021.

Menurut dia, film itu mengingatkan kepada umat beragama Islam untuk menjadikan masjid sebagai pusat peradaban.

"Semoga bisa menginspirasi bagi semua. Kenapa penting? Karena masjid/musala bukan hanya tempat orang sujud, tetapi tempat melayani saudara yang sedang membutuhkan," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini