Hyunjoo Buka Suara, Akui Dibully Personel APRIL hingga Nyaris Bunuh Diri

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Minggu 18 April 2021 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 18 33 2396686 hyunjoo-buka-suara-akui-dibully-personel-april-hingga-nyaris-bunuh-diri-qs7X7gAklZ.jpg Lee Hyunjoo, mantan member APRIL. (Foto: DSP Media)

SEOUL - Lee Hyunjoo akhirnya buka suara terkait isu bullying yang dilakukan personel APRIL padanya lewat Instagram. Dia bersuara, setelah adik laki-lakinya mengunggah postingan yang mengatakan Hyunjoo keluar dari APRIL pada 2016 karena mengalami bullying. 

Dalam pembuka unggahannya, dia mengaku merasa takut untuk merilis pernyataan tersebut. Namun dia memastikan bahwa pernyataan yang dirilis DSP Media pada 2016 adalah sebuah kebohongan. 

Lee Hyunjoo. (Foto: DSP Media)

Hyunjoo bercerita, dia mulai menerima perlakuan tak menyenangkan pada 2014, saat bersiap debut bersama APRIL. Saat itu, dia masih berusia 17 tahun dan tinggal satu asrama dengan member lainnya jelang debut. 

“Aku menghabiskan waktu 24 jam setiap hari dengan mereka. Saat itu, tak ada seorangpun yang bisa menjadi teman curhatku,” katanya seperti dikutip dari Soompi, Minggu (18/4/2021). 

Tak kuat menahan semua perlakuan tak baik yang diterimanya, Lee Hyunjoo memutuskan untuk menceritakan semuanya kepada orangtua dan CEO DSP Media. Sayang, pembicaraan itu tak berakhir baik dan dia justru disudutkan agensinya.

Baca juga: DSP Media Klarifikasi Isu Personel APRIL Bully Lee Hyunjoo

Akibat permasalahkan itu, DSP Media membatasi komunikasi Lee Hyunjoo dengan kedua orangtuanya dan semua percakapan harus mendapat izin dan diawasi oleh manajer APRIL. 

Hyunjoo mengklaim, 3 tahun bersama APRIL menerima aksi kekerasan, makian, olok-olok, dan penyerangan karakter. Dia mengklaim, DSP Media mengetahui kondisi tersebut namun tak pernah mengambil tindakan tegas untuk pelaku bullying

Lee Hyunjoo. (Foto: Twitter)

Akibat perlakuan tak menyenangkan itu, Hyunjoo mengaku, mengalami depresi hingga sempat mengambil keputusan ekstrem yang membahayakan nyawanya. Namun begitu, para member APRIL tak pernah menyesali perbuatan mereka. 

“Berbekal pernyataan sepihak yang disiapkan agensi, akhirnya aku meninggalkan grup itu. Imbasnya, aku menerima komentar jahat, olok-olok, hingga cap pengkhianat dari penggemar,” katanya lagi. 

Hyunjoo menyadari tak semua orang menyukainya dan rasa benci terhadap seseorang bisa tumbuh kapan saja. Namun begitu, dia menilai, hal itu tak bisa menjadi alasan untuk seseorang melakukan kekerasan fisik dan bullying terhadap orang lain. 

Pengalaman 7 tahun lalu itu, masih meninggalkan trauma pada Hyunjoo. Namun, dia tahu tak boleh pasrah pada keadaan. “Aku ingin menunjukkan kepada orang-orang yang mengalami hal serupa denganku, korban bisa sembuh dari luka mereka dan hidup bahagia dan sehat,” katanya.

 Lee Hyunjoo. (Foto: DSP Media)

Terkait kontrak kerja, Hyunjoo mengaku, DSP Media enggan membatalkan kontrak eksklusif dengannya. Tapi, semua kegiatan keartisannya dibekukan dan tawaran pekerjaan untuknya ditolak oleh agensi tersebut. 

Kini, Lee Hyunjoo mengaku siap untuk melawan gugatan yang dilayangkan DSP Media kepada keluarganya. Meski tahu tak mudah, namun dia berjanji akan menyelesaikan permasalahan itu dengan baik dan kembali ke dunia hiburan dengan bahagia.*

Baca juga: Gempi Belajar Puasa, Gisella Anastasia Syok

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini