Tulisan Soal Royalti Bikin Gaduh, Julian Jacob Akhirnya Minta Maaf

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 09 April 2021 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 09 205 2392083 tulisan-soal-royalti-bikin-gaduh-julian-jacob-akhirnya-minta-maaf-dIKI7Qrg7f.jpg Julian Jacob (Foto: Instagram)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menandatangani PP Nomor 56 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan atau Musik pada 30 Maret 2021. Usai itu, beberapa respons musisi tanah air bermunculan, salah satunya datang dari Julian Jacob.

Penyanyi yang juga merupakan pacar Brisia Jodie tersebut merespons kontradiktif dari PP tersebut. Ya, dia malah membebaskan royalti akan karya musiknya.

"Untuk supermarket, hotel, toko kecil, warung, kuli bangunan yang lagi kerja, atau siapa pun yang ingin puter lagu saya di tempat publik, dipersilahkan memutar sepuas hati tanpa perlu kasih royalti ke saya," kata Julian Jacob di Twitter, belum lama ini. Cuitan tersebut kini sudah dihapus.

Baca juga:

Unggahan Julian Jacob soal Royalti Kena Semprot Dirjen Kekayaan Intelektual

Anji Tanggapi Cuitan Julian Jacob Perihal Peraturan Royalti Musik

Mengetahui kabar ini, Anji memberikan reaksi. Penyanyi yang lebih senior dari Julian Jacob itu mengatakan kalau apa yang disampaikan Julian salah kaprah.

"Dear @julianjacs, enggak gitu maksudnya PP 56 tahun 2021. Jika seperti ini bisa missleading. Bahayanya, pernyataan ini diamini beberapa musisi juga. Tidak benar jika TOKO KECIL, WARUNG, KULI BANGUNAN YANG LAGI KERJA atau SIAPAPUN harus membayar royalti. Bukan begitu maksud dari PP 56 tahun 2021," tulis Anji di Twitter.

Tak lama berselang, Julian Jacob pun meminta maaf karena sudah membuat kehebohan karena pernyataannya tersebut. Ia mengklaim, apa yang disampaikan itu hanya isi hatinya.

"Dengan segala hormat, saya meminta maaf atas cuitan saya yang ternyata bersifat misleading atau salah paham kepada beberapa pihak. Tujuan saya hanya ingin menyuarakan hati dari apa yang saya dan teman-teman rasakan dan tidak berniat untuk menyudutkan siapa pun," kata Julian Jacob.

Reaksi netizen atas permintaan maaf Julian Jacob pun beragam. Ada yang mendukung, tapi tak sedikit yang mengkritiknya.

"Semangat terus ko Jul. Jangan patah semangat. Ayo buat lagu yang enak lagi hehehe," komen @Onlyy***.

"Makanya jangan sok tahu. Elah, enggak usah hormat-hormat deh, hormatin diri sendiri dulu saja," kata @youra***.

 

"Sangat tidak dewasa. Saya tidak tahu musisi lain masih respect tidak sama Anda. Mereka semua susah payah bergandengan tangan agar hak kecil royalti didapatkan. Tapi Anda bisa-bisanya malah meminta kuli bangunan yang lagi kerja memutar lagu Anda wkwkwk," ungkap @JoeyJoo****. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini