Share

Perjalanan Karier Aris Runtuwene, dari Pengamen hingga Juara Indonesian Idol 2008

Lintang Tribuana, Jurnalis · Rabu 31 Maret 2021 10:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 31 33 2386976 perjalanan-karier-aris-runtuwene-dari-pengamen-hingga-juara-indonesian-idol-2008-Sjd5ujIqQH.jpg Aris Idol (Foto: Instagram)

JAKARTA - Januarisman Runtuwene yang akrab disapa Aris mengawali kariernya di dunia musik sebagai pengamen. Ia biasa menjajakan suaranya di kereta listrik Jabotabek dan Terminal Kampung Melayu.

Kehidupannya pun mulai berubah ketika dia mengikuti audisi Indonesian Idol pada tahun 2008. Pria kelahiran 25 Januari 1985 ini berhasil memukau juri setelah membawakan lagu Rasa yang Tertinggal milik ST12 dengan gitarnya.

Saat Aris tampil bak ksatria bergitar, Titi DJ yang kala itu menjadi juri langsung terpana. Pelantun Sang Dewi ini mengaku merinding mendengar aksi Aris.

Baca Juga:

Aris Runtuwene Sesumbar Ingin Jadi Presiden, Netizen: Collab sama Aldi Taher

Kecewa Gisel Jadi Tersangka Video Syur, Aris Runtuwene: Dia Sosok yang Baik

 

Aris pun melenggang hingga panggung spektakuler Indonesian Idol. Ia berhasil mengalahkan Gisella Anastasia di babak final dan menjadi juara Indonesian Idol musim kelima pada tahun 2008.

Setelah lulus dari ajang bergengsi itu, Aris mulai berkarya di industri musik Tanah Air. Pada 2010, dia merilis album pertamanya bertajuk Ajari Aku yang berisi 10 lagu, dengan lagu utamanya, 1000x Maaf.

Tak mudah bagi Aris bertahan di industri musik yang penuh dengan persaingan. Di tengah banyaknya musisi baru yang muncul, namanya sempat tenggelam.

Aris terangkat lagi setelah menghebohkan publik karena tersandung kasus narkoba pada 8 Januari 2019. Ia divonis hukuman penjara 2 tahun 7 bulan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini