Kerap Dilirik Turis, Ayu Azhari Siap Jadi Duta Budaya untuk Kain Tenun NTT

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Kamis 25 Maret 2021 04:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 24 33 2383480 kerap-dilirik-turis-ayu-azhari-siap-jadi-duta-budaya-untuk-kain-tenun-ntt-ITjAJAe62c.jpg Ayu Azhari (Foto: Okezone)

JAKARTA - Jarang terlihat di TV, Ayu Azhari ternyata sedang fokus mempromosikan budaya Indonesia ke mancanegara. Aktris 52 tahun tersebut baru-baru ini memperkenalkan kain tenun Nusa Tenggara Timur (NTT) kepada dunia.

Ayu Azhari

"Saya sendiri punya bentuk kepedulian tersendiri soal tenunan ini. Saat tenunan daerah NTT menjadi berita nasional sejak satu dekade lalu, saya turut serta mempromosikan sampai ke kota-kota penting di mancanegara," ungkap Ayu saat berbincang dalam Exotic Tenun Fest, 23 Maret 2021, dalam siaran pers yang diterima MNC Portal Indonesia.

"Salah satunya dalam tour dan diplomasi budaya ke London di mana saya mempromosikan ciri khas tenunan daerah," lanjutnya.

Baca Juga:

Ayu Azhari Dukung Upaya Menduniakan Kuliner Nusantara

Kata Ayu Azhari Tentang Peran Perempuan di Era Modern

Lebih lanjut, bintang film Aruna & Lidahnya ini menyebut bahwa NTT kini merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat dan dunia. Menurut Ayu, ada cukup banyak turis yang tertarik dengan tenunan lokal khas NTT.

Ayu Azhari

"Sudah waktunya kita promosikan produk dan karya yang bervisi etnik seperti tenunan ini. Saya tahu produk tenunan lokal banyak digemari turis-turis mancanegara karena enak dipakai, baik dalam bentuk sarung, baju maupun jadi topi dan bentuk karya lainnya," jelasnya.

"NTT ini memiliki budaya tinggi, yang tercermin dalam produk Tenun, jadi NTT adalah pusat peradaban tenun di Indonesia. Saya siap untuk menjadi duta budaya mempromosikan karya tenun masyarakat Nusa Tenggara Timur," pungkas Ayu.

(LID)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini