Album Mata Dewa Jadi Titik Balik Iwan Fals

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 12:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 205 2375464 album-mata-dewa-jadi-titik-balik-iwan-fals-1K6DKqCMTR.jpg Iwan Fals (Foto: Okezone)

JAKARTA - Musisi legendaris Iwan Fals, merilis ulang album Mata Dewa yang fenomenal di akhir tahun 80-an dalam format piringan hitam alias vinyl. Bertepatan dengan Hari Musik Nasional yang jatuh kemarin, Selasa, 9 Maret 2021, Iwan Fals bersama Musica Studios dan Airo Records juga merilis album Mata Dewa dalam format digital, yang bisa didengarkan melalui platform seperti Spotify, Joox, Langit Musik, dan lainnya.

Sebagai pemilik album, Iwan Fals mengaku memiliki kesan tak terlupakan pada album Mata Dewa yang pernah rilis pada 1989 silam. Bahkan, album Mata Dewa disebut Iwan Fals sebagai salah satu titik balik dari kehidupannya, usai kejadian besar terkait pembatalan konser di 100 kota terjadi.

Baca Juga:

Iwan Fals Rilis Vinyl Mata Dewa di Hari Musik Nasional

Iwan Fals Ingin Saksikan Jokowi Berdebat dengan Rocky Gerung, Ada Apa?

Iwan Fals bikin Mega Konser Akhir Cinta Si Doel Jadi Meriah

"Yang tidak bisa dilupakan dari album Mata Dewa 100 kota tur yang batal itu hahaha Udah latihan capek-capek. Tapi ya hikmahnya besar. Dari album itu saya lebih yakni untuk memilih musik sebagai jalan hidup," beber Iwan dalam konferensi pers virtual yang digelar Selasa, 9 Maret 2021.

"Karena melibatkan banyak orang, gimana? Ada ratusan orang siap-siap, rupanya serius juga musik itu. Rezeki orang kan itu," lanjutnya.

Hingga saat ini, Iwan mengaku masih cukup mengingat bagaimana rasanya gagal menjalankan tur besar. Sementara persiapan bisa dikatakan telah rampung seluruhnya.

"Tur yang batal itu sangat, ya gimana coba? Kayak kamu wartawan nggak boleh nulis gimana? Hahaha.. Ya sama kayak pemusik, kan nggak bisa nyanyi, hidup dari manggung. Tapi justru dari situ saya makin yakin lagi memilih musik sebagai jalan hidup," jelasnya.

Kendati demikian, pemilik nama asli Virgiawan Listanto ini mengaku sempat menyibukkan dirinya dengan berbagai kegiatan, termasuk bergabung dalam grup musik Swami dan Kantata Takwa. Hal tersebut ia lakukan agar tidak mengalami stress atau bahkan gila, lantaran konsernya dibatalkan.

"Karena dibatalkan 100 kota, saya bawa teman-teman saya untuk nggak menyerah (akhirnya membentuk grup Swami dan Kantata Takwa). Saya cuma bisa musik, ada teman yang bisa merespon musik saya ya Alhamdulillah," bebernya.

"Tapi situasi waktu itu saya terpukul, saya sempat ikut workshop teater buat jadi pemukul gong. Kalau saya diam saja kan saya bisa stress, gila, akhirnya saya ikut workshop teaternya, jadi pemain musik," pungkasnya.

(aln)

BERITA FOTO
+ 5

Iwan Fals bikin Mega Konser Akhir Cinta Si Doel Jadi Meriah

Penampilan penyanyi Iwan Fals pada Mega Konser Akhir Kisah Cinta Si Doel di Jakarta, Jumat 17 Januari 2020.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini