Rencana Hebat, Usaha Geisha Edukasi Musisi Tanah Air soal Cover Lagu

Lintang Tribuana, Jurnalis · Jum'at 08 Januari 2021 23:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 205 2341306 rencana-hebat-usaha-geisha-edukasi-musisi-tanah-air-soal-cover-lagu-0ANBzW8S6R.jpg Geisha (Foto: Instagram/@geishaindonesia)

JAKARTA - Dalam rangka merayakan 17 tahun perjalanan bermusik, grup band Geisha mempersiapkan karya bertajuk Rencana Hebat yang akan dirilis Februari 2021. Mereka akan mengeluarkan tiga lagu cover dan satu lagu baru.

Baca Juga:

- Rilis Ulang Lagu Demi Waktu, Geisha Kolaborasi dengan Enda Ungu

- Sempat Beda Agama, 5 Artis Ini Ikuti Keyakinan Pasangan

Menurut Roby, sang gitaris, karya ini sekaligus menjadi usaha Geisha mengedukasi musisi lainnya ketika kisruh soal cover lagu mencuat sejak tahun lalu, berkaitan dengan Undang Undang mengenai hak cipta yang dianggap menyulitkan.

"Waktu itu lagi mencuat ke permukaan bahwa mengcover lagu susah banget, bahkan katanya lebih gampang mengcover lagu luar," kata Roby dalam konferensi pers virtual, Jumat (8/1/2021).

"Kita edukasi sama teman-teman di luar sana, bisa untuk cover asal ada tata cara, seperti harus izin sama composer lewat publisher. Kita membuktikan bahwa industri enggak seperti itu banget. Kita masih bisa cover tapi dengan tata cara yang benar," ujar Roby.

Dalam rangkaian karya Rencana Hebat ini, Geisha sudah menggarap ulang dua lagu dari band besar Tanah Air, yaitu Kukatakan dengan Indah dari Peterpan dan Demi Waktu milik Ungu. Semuanya dikemas dengan konsep musik akustik.

Geisha dan Enda

Sejumlah band yang lagunya terpilih dirilis ulang oleh Geisha ini merupakan band yang dinilai memiliki nilai sejarah dan berkesan sepanjang perjalanan karier mereka di belantika musik Tanah Air.

Geisha masih merahasiakan band yang lagunya akan mereka cover selanjutnya sebagai rangkaian Rencana Hebat. "Petunjuknya, band ini paling tinggi dipakai sebagai RBT (ring back tone) saat itu, waktu RBT baru ada," ujar Roby.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini