Mantan Tunangan Park Yoochun Kembali Tersandung Kasus Narkoba

Astrid Melanonia, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2020 12:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 33 2335553 mantan-tunangan-park-yoochun-kembali-tersandung-kasus-narkoba-GXqYFDe77E.jpg Belum habis masa percobaannya, Hwang Hana kembali terjebak dalam kasus narkoba. (Foto: Korea Herald)

SEOUL - Hwang Hana, mantan tunangan Park Yoochun kembali harus berurusan dengan hukum. Dia diduga melanggar Undang-Undang Narkotika. 

Kepolisian Yongsan mengatakan, cucu pendiri Namyang Dairy Product itu melanggar masa percobaan 2 tahun atas kasus kepemilikan dan penggunaan narkoba jenis sabu, pada 2019. 

Hwang Hana. (Foto: Newsis)

Sayang, pihak kepolisian tidak membeberkan secara detail jenis narkoba yang dipakai dan kapan penyelidikan atas Hwang Hana dimulai. Namun yang pasti, menurut Allkpop, sejauh ini polisi belum merilis surat penangkapan untuknya. 

Media lokal melaporkan, Hwang Hana sempat menjalani tes narkoba -hal yang harus dijalaninya secara rutin karena berstatus masa percobaan- di Kepolisian Suseo, pada 20 Desember 2020. Hasilnya, dia dinyatakan negatif narkoba. 

Hwang Hana. (Foto: Korea Herald)

Seung Jae Hyun, seorang peneliti di Institute for Criminal Policy menjelaskan, status ‘percobaan’ Hwang Ha Na akan gugur ketika dia melakukan kesalahan serupa sebelum masa hukumannya selesai. Dengan begitu, dia harus menjalani hukuman awal yang dijatuhkan pengadilan kepadanya.

Baca juga: Mantan Tunangan Park Yoochun Lakukan Upaya Bunuh Diri

Dalam persidangan pada 19 Juli 2019, Pengadilan Distrik Suwon memutuskan hukuman 1 tahun penjara dengan masa percobaan 2 tahun untuk Hwang Ha Na. Dia juga wajib membayar denda sebesar KRW2,2 juta (Rp28,45 juta), pengawasan selama 40 jam, dan rehabilitasi narkoba. 

Hwang Hana. (Foto: Instagram)

Namun untuk kasus Hwang Hana, Seung Jae Hyun menilai, pihak kepolisian perlu menimbang kondisi mentalnya yang tidak stabil. Sebelum menutup akun Instagram pribadinya, sang sosialita sempat mengunggah foto percobaan bunuh diri dengan mengiris pergelangan tangannya, pada 18 Desember silam. 

“Aku rasa perlu untuk Hwang Hana mendapatkan terapi untuk kestabilan mentalnya terlebih dahulu. Keluarga juga sudah meminta keringanan kepada pihak kepolisian terkait kondisinya tersebut,” ungkap Seung Jae Hyun.*

Baca juga: 14 Peserta Melaju ke Babak Spektakuler Indonesian Idol

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini