Pakai Wig Gimbal, Hendery NCT Tuai Kritik Tajam

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 07 Desember 2020 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 07 33 2322979 pakai-wig-gimbal-hendery-nct-tuai-kritik-tajam-W6xui2S4rZ.jpg Hendery NCT (Foto: Allkpop)

SEOUL - Berita tak sedap datang dari salah seorang personel NCT sekaligus sub-unit WayV, Hendery. Hendery diketahui menuai kritik tajam dari para penggemar dan netizen soal foto-foto yang ia unggah di akun Weibo pribadinya.

Swafoto yang diunggah pelantun Turn Back Time dan Work It tersebut memperlihatkan Hendery berfoto di dalam mobil dan mengenakan rambut palsu alias wig rambut gimbal dengan ikat kepala yang terinspirasi Rastafari Jamaika.

Tapi tak lama kemudian, Hendery langsung menghapus foto-fotonya tersebut dari Weibo. Namun para netizen sudah terlebih dahulu menyebarkan foto-foto Hendery tersebut ke berbagai platform linimasa sosial media, contohnya Twitter.

Baca Juga:

Alami Masalah Teknis, SM Tunda Perilisan MV RESONANCE Milik NCT

Mengintip Teaser MV RESONANCE dari NCT

Hendery NCT

Mengutip Allkpop, Senin (7/12/2020), gara-gara foto tersebut, dikatakan banyak penggemar yang mengekspresikan rasa tak nyaman dan kesal mereka. Fans maupun netizen yang mencoba menerangkan, apa yang dilakukan Hendery adalah salah satu contoh dari cultural appropriation atau perampasan budaya, karena merasa isu ini tidak boleh diabaikan begitu saja. Alhasil membuat nama Hendery menjadi trending topik di Twitter.

“Saya tidak membenci Hendery, tapi seperti para idol lainnya kita tak boleh membiarkan masalah ini begitu saja,” bunyi cuitan akun @Wangjitan***.

“Hendery meunggah foto ini, mengejek hairstyle orang berkulit hitam dan menghapus foto ini hanya karena fans China bilang itu ‘jelek’. Ada aroma rasisme dan anti orang kulit hitam di sini,” seru netizen dengan akun @cobiec****.

“Dia memilih untuk melakukan cultural appropriate, tidak hanya itu ia mengunggahnya ke Weibo. SM Entertainment tidak membuatnya untuk memakai apapun itu,” komentar akun Twitter @tch**k.

Sejauh ini, belum ada keterangan lebih jauh langsung soal isu ini. Baik dari Hendery langsung ataupun SM Entertainment selaku agensi.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini