5 Film Bertema Penjara Terfavorit

Nadya Dheanty, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 02:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 206 2314826 5-film-bertema-penjara-terfavorit-8hyeIHrg7u.jpg Film Bertema Kehidupan Penjara (Foto: Film Escape from Alcatraz dan Miracle in Cell No 7)

JAKARTA - Film menceritakan tentang berbagai kehidupan dibalik jeruji besi adalah salah satu cerita yang banyak peminatnya. Berikut Okezone rangkum 5 film bertema penjara terbaik sepanjang masa.

1. The Shawshank Redemption (1994)

The Shawshank Redemption

Film bertema penjara yang mendapat peringkat rating tertinggi di IMDb. Ditulis serta disutradarai Frank Darabont.

Shawshank Redemption diadaptasi dari novel karya Stephen King, 'Rita Hayworth and Shawshank Redemption'. Film Shawshank yang dibintangi oleh Tim Robbins dan Morgan Freeman ini berkisah tentang Andy Dufresne, seorang bankir yang menghabiskan hampir dua puluh tahun di Shawshank State Prison atas tuduhan pembunuhan istri dan selingkuhannya. Padahal dia tidak melakukan pembunuhan itu.

2. Miracle in Cell No. 7 (2013)

Miracle In Cell No 7

Film arahan sutradara Lee Hwan-kyung ini menjadi film bertema penjara terbaik dari Korea Selatan yang bikin penonton menangis tersedu-sedu.

Film ini adalah sebuah komedi mengharukan dan melodrama keluarga tentang seorang pria "spesial" yang secara tidak sah dipenjara karena pembunuhan hingga membangun persahabatan dengan penjahat kasar di selnya, dan mereka membantu dia melihat putrinya lagi dengan melanggar aturan.

3. Escape from Alcatraz (1979)

Escape From Alcatraz

Film bertema penjara selanjutnya ada Escape from Alcatraz. Film yang diangkat dari sebuah kisah nyata penjara di Pulau Alcatraz, San Francisco, Amerika Serikat. Tidak ada yang bisa keluar dari penjara berkeamanan tinggi itu.

Diceritakan bahwa tiga orang narapidana bernama John, Clarence, dan Frank berhasil kabur dari penjara yang paling ditakuti di dunia. Penjara ini ditakuti karena letaknya di tengah laut sehingga sangat sulit untuk melarikan diri. Namun dengan cara misterius, ketiganya berhasil kabur dari sana.

4. Escape Plan (2013)

Escape Plan

Cerita lain dibalik dunia kelam penjara diceritakan dalam film yang disutradarai Mikael Hafstrom serta penulis Miles Chapman dan Jason Keller.

Film yang mengisahkan tentang seorang ahli keamanan yang ditahan di penjara dengan sistem keamanan nomor satu di dunia. Ia harus berusaha kabur dari penjara tersebut untuk mengetahui kelemahan penjara paling rahasia tersebut. Namun terjebak, sehingga dengan bantuan seorang narapidana lain, ia harus mencari celah untuk kabur.

5. The Green Mile (1999)

The Green Mile

Film tentang penjara yang disutradarai oleh Frank Darabont ini bergenre drama fantasi ini memiliki cerita yang sedikit berbeda dari film-film bertema penjara pada umumnya.

Sosok Paul Edgecomb (Tom Hanks), seorang kepala sipir yang bertugas di penjara khusus tahanan hukuman mati. Paul lalu bertemu dengan seorang tahanan bernama John Coffey yang dituduh memperkosa dan membunuh anak kecil. Di balik sosoknya yang menyeramkan, John justru menunjukkan perilaku yang sangat lembut. Ia bahkan mau menolong orang dengan kekuatan misteriusnya. Hal inilah yang kemudian membuat Paul sempat ragu, apakah John Coffey pantas dihukum mati.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini