Peringati Hari Pahlawan, Ini 4 Artis Indonesia yang Memiliki Darah Pejuang

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 10 November 2020 11:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 33 2307164 peringati-hari-pahlawan-ini-4-artis-indonesia-yang-memiliki-darah-pejuang-2vft0yIbda.jpg Dian Sastrowardoyo (Foto: Instagram/@therealdisastr)

JAKARTA - Masyarakat Indonesia memperingati Hari Pahlawan Nasional setiap 10 November. Hari bersejarah ini ditetapkan oleh Presiden Soekarno melalui Keppres Nomor 316 Tahun 1959 pada 16 Desember 1959.

Peringatan Hari Pahlawan Nasional memang tidak bisa dilepaskan dari sejarah sejarah pertempuran 10 November 1945 yang berlangsung di Surabaya, Jawa Timur. Kala itu, pemuda Surabaya bersama para pejuang bertempur melawan tentara Britania Raya dan Belanda.

Baca Juga:

- Kenangan Dian Sastro Bertemu 'Eyang Naryo', Tokoh Pergerakan Indonesia

- Nama Anak Perempuan Zaskia Gotik Akhirnya Terungkap

Darah para pejuang ternyata mengalir juga di beberapa artis Tanah Air. Siapa saja? Berikut daftarnya, seperti dikutip Okezone dari berbagai sumber:

1. Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo menjadi salah satu artis yang memiliki darah pejuang atau pahlawan. Ia merupakan cucu keponakan Sunario Sastrowardoyo, tokoh yang dikenal berperan aktif dalam tonggak sejarah nasional. Ia berperan langsung dalam Manifesto dan Kongres Pemuda II. Sunario juga sempat menjabat sebagai pengurus dalam Perhimpunan Indonesia di Belanda.

Aktris Dian Sastro Ternyata Keturunan Pahlawan Nasional

“Beliau adalah kakak dari eyang kakung saya, dr. Soemarsono Sastrowardoyo,” tulis Dian di Instagram, bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda tahun 2016.

2. Karina Salim

Aktris sekaligus balerina Kalina Salim merupakan cucu dari pahlawan nasional H. Agus Salim. Ia dikenal sebagai pejuang kemerdekaan yang pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia di era Soekarno.

Karina Salim

3. Asri Welas

Asri Welas ternyata memiliki darah pejuang yang mengalir dalam dirinya. Ia merupakan keturunan ke-7 dari Pangeran Diponegoro yang merupakan pahlawan nasional RI. Ia memimpin Perang Diponegoro atau Perang Jawa selama periode tahun 1925 hingga 1930 melawan Pemerintah Hindia Belanda.

Asri Welas

4. Maia Estianty

Musisi Maia Estianty juga merupakan keturunan pahlawan. Ibu tiga anak tersebut adalah salah satu cicit dari pahlawan nasional, HOS Tjokroaminoto, pemimpin Sarekat Islam (SI). Di bawah didikannya, terlahir para tokoh besar seperti antara lain Soekarno, Semaun, Musso, hingga Maridjan Kartosoewirjo.

Maia Estianty

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini