Cara SM Entertainment Lindungi Artisnya dari Hoaks dan Rumor Jahat

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 03 November 2020 02:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 33 2302997 cara-sm-entertainment-lindungi-artisnya-dari-hoaks-dan-rumor-jahat-TS24VXwbdp.jpg SM Entertainment (Foto: IG SM Entertainment)

SEOUL - SM Entertainment selaku agensi yang menaungi BoA, TVXQ, Super Junior, SNSD, SHINee, f(x), EXO, Red Velvet dan NCT akhirnya buka suara terkait banyaknya rumor dan komentar jahat yang ditujukan kepada artis-artis yang bernaung di bawah SM.

Salah satu agensi hiburan terbesar di Korea ini mengumumkan bahwa mereka akan mengambil tindakan hukum untuk menghandle komentar-komentar dan rumor tak berdasar yang banyak ditujukan kepada para artis SM.

Baca Juga:

Jelang Debut, SM Rilis Giselle Jadi Personel ke-4 Aespa

Chanyeol EXO Dituding Berselingkuh, Agensi Buka Suara

SM Entertainment


Tak tanggung-tanggung, mengutip Soompi, Senin (2/11/2020) untuk menyeret para netizen penyebar hoaks dan para netizen yang menuliskan komentar kebencian, SM menggandeng sekaligus 10 firma hukum papan atas di Korea.

“Sehubungan dengan berbagai tindakan ilegal terhadap artis kami, kami telah menugaskan lebih dari 10 firma hukum, termasuk firma hukum terkemuka dan firma hukum khusus bertujuan untuk mengambil tindakan hukum perdata dan pidana yang kuat. Belakangan ini rumor jahat, unggahan dan komentar jahat, serta fitnah telah diunggah dan beredar di komunitas online, situs jejaring sosial, dan situs portal. Hal ini semuanya mendorong agensi untuk mengambil tindakan hukum yang lebih tegas,” bunyi keterangan resmi SM Entertainment.

Dengan pengumuman di atas, agensi yang didirikan oleh Lee Soo Man ini memperingatkan para netizen bahwa tindakan-tindakan yang dijelaskan di atas adalah tindakan yang melanggar hukum. SM mengimbau para netizen untuk menghindari tindakan ilegal tersebut sekaligus berhati-hati.

“Kami memberi tahu kepada kalian, bahwa tindakan mengarang rumor dan mengunggah pernyataan fitnah berdasarkan fakta yang belum dikonfirmasi atau tidak berdasar itu, jelas adalah tindakan ilegal. Ini juga berlaku untuk penyebaran rumor dan pernyataan tersebut. Kami meminta Anda untuk berhati-hati dan menghindari terlibat dengan hal semacam itu,” tambah SM.

SM juga menegaskan bahwa pihak perusahaan telah menindaklanjuti semua laporan yang masuk ke surel perusahaan ([email protected]) yang telah dibuka sejak Desember 2017.

“Kami telah menerima ribuan laporan melalui alamat surel kami. Agensi telah menindaklanjuti semuanya dan dalam kasus tertentu sudah mengajukan komplain setelah berkonsultasi dengan sang artis yang terkait,”

Baca Juga:

Ningning, Member Ketiga Aespa

SM Entertainment Ungkap Identitas Karina, Personel ke-2 Aespa

SM Entertainment


Menghukum para penyebar hoaks dan para netizen yang berkomentar jahat, selain mengumpulkan informasi sendiri tapi agensi dibantu dengan bantuan dari para penggemar, situs portal dan platform domestik serta luar negeri.

Selama ini SM menyebut perusahaan terus menyelidiki kasus dan mengambil tindakan hukum terhadap kasus yang telah terkonfirmasi. Hasilnya, banyak pelaku yang telah dihukum.

“Ditegaskan kembali bahwa agensi akan secara aktif menangani semua kegiatan terkait masalah ilegal dengan mengambil tindakan hukum yang serius seperti yang telah kami lakukan selama ini. Agensi akan terus melakukan yang terbaik untuk melindungi hak dan kehormatan para artis kami serta membantu mereka tumbuh, berkembang, dan menjadi artis yang aktif,” tutup SM Entertainment.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini