Lutfi Agizal Persoalkan Kata 'Anjay', Dokter Tirta: Sudah, Bubar!

Lintang Tribuana, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 08:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 33 2270009 lutfi-agizal-persoalkan-kata-anjay-dokter-tirta-sudah-bubar-9MRd3VrFoY.jpg Dr Tirta. (Foto: IG @dr.tirta)

JAKARTA - Dokter Tirta menanggapi sikap Lutfi Agizal yang melaporkan penggunaan kata ‘anjay’ pada Komnas Perlindungan Anak. Organisasi itu akhirnya menerbitkan imbauan agar menghentikan penggunaan kata ‘anjay’, pada 29 Agustus 2020.

Dokter Tirta tak sependapat dengan Lutfi. Menurutnya, hal yang dilakukan kekasih putri pedangdut Iis Dahlia itu berlebihan. "Menurutku tindakanmu ke KPAI, berlebihan," tulis Tirta di kolom komentar unggahan Lutfi.

Pria yang akrab disapa Cipeng itu menilai ada yang lebih penting untuk diurus di Indonesia. Khususnya di tengah permasalahan pandemi Covid-19.

"Negara masih gaduh pekara covid, UU Penyiaran, pemulihan ekonomi. Saranku sudahi saja. Nikmati hidup. Sudah, sudah bubar," tulisnya.

Lutfi Agizal.

Dalam rilis resmi yang ditandatangani oleh Ketua Umum Komnas PA Arist Merdeka Sirait, dinyatakan bahwa kata ‘anjay’ memiliki makna berbeda yang bisa mengandung keburukan dan kebaikan tergantung konteks pembicaraannya. Jika penggunaan kata ‘anjay’ bersifat menyinggung seseorang, maka hal itu bisa ditindak pidana.

Baca juga:

Polemik Kata 'Anjay', Rizky Billar Sebut Lutfi Agizal Cuma Cari Pamor

Komnas PA Imbau Hentikan Penggunaan Kata Anjay, Lutfi Agizal Girang

"Jika istilah ‘anjay’ mengandung unsur kekerasan dan merendahkan martabat seseorang adalah salah satu bentuk kekerasan atau bully yang dapat dipidana, baik digunakan dengan cara dan bentuk candaan, namun jika unsur definisi kekerasan terpenuhi, sesuai dengan UU RI No.35 tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak," bunyi keterangan tersebut.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini