Share

6 Aktor Memorable Perankan Batman sebelum Robert Pattinson

Evan Oktavianus, Jurnalis · Senin 24 Agustus 2020 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 24 206 2266404 6-aktor-memorable-perankan-batman-sebelum-robert-pattinson-2TP7diiAAj.jpg Christian Bale (Foto: Warner Bros)

 JAKARTA - Penonton sudah dapat melihat penampilan pertama Robert Pattinson sebagai Batman dalam trailer pertama yang telah dirilis oleh DC dalam acara virtual DC FanDome. Dan sejak versi film live action nya sudah muncul dari 1966, Pattinson akan menjadi aktor ke-7 yang akan memerankan karakter Bruce Wayne alias Batman.

Penasaran siapa saja aktor yang pernah memerankan Batman sebelum Pattinson? Berikut daftarnya:

1. Adam West

 

Adam West merupakan pemeran Bruce Wayne dalam film Batman tahun 1966 yang naskahnya mengadaptasi dari serial TV Batman buatan ABC ditahun yang sama dan juga dibintangi oleh Adam West.

Sang produser, William Dozier menggaet Adam lantaran performanya di sebuah iklan tv yang dikatakan mirip dengan mata-mata James Bond. Selain itu, Adam terpilih karena ia mampu melontarkan sebuah lelucon dengan ekspresi muka yang datar.

Adam juga memerankan kembali karakter Batman di lanjutan serialnya selama 2 musim serta mengisi suara Batman dalam beberapa film dan serial kartun animasi Batman.

2. Michael Keaton

 

Keaton pernah memerankan Batman di dua film yakni Batman tahun 1989 dan Batman Returns tahun 1992. Kedua film tersebut merupakan film garapan sutradara Tim Burton. Namun para penggemar Batman memberikan respon penolakan dan negatif terhadap pemilihan Keaton sebagai Batman.

Tetapi, Keaton dapat membuktikan dirinya layak untuk memerankan Batman dengan mempelajari komik-komik The Dark Knight Returns, dan mendapatkan banyak pujian setelah perilisan filmnya.

3. Val Kilmer

 

Val Kilmer memerankan Batman dalam film Batman Forever tahun 1995 yang diproduseri oleh Tim Burton dan disutradarai oleh Joel Schumacher.

Ternyata, dalam film ini Kilmer menggantikan Keaton yang menolak untuk bermain di film ini. Pasalnya Keaton tidak suka dengan arah dari film ini dan ingin mencari peran yang lebih baik.

Kilmer hanya sempat satu kali memerankan Batman karena ketika ia ditunjuk kembali oleh Joel sebagai Batman di film selanjutnya, ia menolak akibat pertimbangan pribadi serta benturan jadwal produksi yang terlalu cepat.

4. George Clooney

 

Setelah Kilmer menolak untuk memerankan Batman kembali, Joel langsung mencari pengganti dengan menunjuk George Clooney untuk memerankan Batman di film Batman & Robin tahun 1997.

Clooney berduet akting dengan Chris O'Donell yang telah memerankan Robin sejak lama.

Film Batman & Robin sebenarnya masih cukup bagus jika dilihat secara komersial, namun Clonney malah mengkritik film yang dibintangi oleh dirinya sendiri. Pasalnya ia menyebut bahwa film ini sebaiknya di berhentikan karena pengeluarannya 'besar pasak daripada tiang'.

5. Christian Bale

 

Christian Bale langsung membintangi Batman di trilogi The Dark Knight di tahun 2005 sampai 2012 yang disutradarai oleh Christopher Nolan. Kesuksesan serta pujian yang didapat oleh ketiga film Batman Bale tidak luput dari perjuangan persiapannya.

Bale yang ditunjuk oleh Nolan harus mempersiapkan bentuk fisik dan juga akting bela diri, pasalnya saat dipilih ia masih sangat kurus dan tidak cocok untuk memerankan seorang Batman. Maka lewat bantuan pelatihan khusus, ia menaikkan berat badannya dan memperbaiki postur tubuhnya serta belajar beladiri wing chun.

 

6. Ben Affleck

 

Ben Affleck menjadi Batman di era DC Extended Universe. Ia memerankan Batman di 3 film diantaranya Batman v Superman: Dawn of Justice tahun 2016, Suicide Squad tahun 2016, dan Justice League tahun 2017.

Serta Justice League Snyder Cut yang akan tayang tahun depan, Affleck akan muncul kembali sebagai Batman.

Affleck merupakan aktor pilihan pertama yang ditunjuk oleh sutradara Zack Snyder. Awalnya Affleck menolak untuk memerankan Batman, tetapi Snyder menunjukkan konsep karakter Batman miliknya dan akhirnya Affleck menerimanya dengan antusias.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini